Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Puluhan Motor Lawan Arah di Busway, Takut Ada Polisi

Kompas.com - 09/08/2023, 16:46 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral puluhan pengendara motor lawan arah di jalur Transjakarta atau Busway. Video tersebut diunggah akun info_jakartatimur, disukai lebih dari 5.000 orang.

Terlihat pengemudi bus kesal dengan kelakuan para pengendara yang lawan arah. Dikatakan kalau para pengendara tadi menghindari polisi lalu lintas yang sudah menunggu di ujung jalan.

Kelakuan seperti ini bukan yang pertama kali, tapi sering dilakukan. Cuma, memang tidak terlihat adanya titik jera dari para pelanggar, makanya terus diulangi.

Baca juga: Pasang Keyless Aftermarket, Garansi Motor Honda Sudah Pasti Hilang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by INFO_JAKARTATIMUR (@info_jakartatimur)

 

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, memang pengendara di Indonesia masih banyak yang kurang kesadaran dalam tertib berlalu lintas.

"Mereka hanya ingin bisa menempuh jarak lebih cepat atau dekat, tapi membahayakan dirinya dan orang lain," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (9/8/2023).

Selain soal orang Indonesia yang kebiasaan ingin buru-buru, ada juga andil dari kurang tegasnya penegakkan hukum. Jadi para pelanggar enteng saja tetap melakukan kesalahan.

Baca juga: Mtrans Bakal Luncurkan Bus Baru Rakitan Tentrem di GIIAS 2023

"Seharusnya ada tindakan tegas kepada pelanggar lalu lintas sehingga ada shock therapy yang membuat mereka jera dan tidak mengulanginya lagi," ucap Agus.

Agus memberi contoh, ketika memang mau menertibkan para pengendara yang masuk ke busway, jangan cuma ditilang, tapi juga disita motornya. Jadi setiap ada razia, disiapkan truk towing buat antar motor hasil sitaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com