Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Elektrifikasi, Korlantas Polri Tambah Motor Listrik Patwal

Kompas.com - 09/08/2023, 10:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyebut akan memperbanyak jumlah motor listrik sebagai kendaraan patroli dan pengawal (patwal).

Hal itu diungkapkan oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. Dirinya menjelaskan, keberadaan motor listrik polisi sudah semakin banyak dijumpai.

“Kita sudah pakai sejak KTT G20 di Bali kemarin, itu pertama kalinya (motor listrik) dipakai buat patwal,” ujarnya kepada Kompas.com di Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Firman menjelaskan jika sejauh ini, ada 3 model motor listrik yang digunakan oleh Polri, yakni Energica EsseEsse9, Zero DSR, dan Niu Gova 03. Ketiganya rutin difungsikan sebagai motor patroli.

Baca juga: Polisi Bicara Kemungkinan Motor Listrik Pakai SIM Khusus

Motor NIU Gova di OyikaDok. Sales Oyika Motor NIU Gova di Oyika

“Yang paling sering dipakai itu yang kecil (Niu Gova 3) sebagai motor listrik operasional, untuk berkeliling setiap pagi dan membantu masyarakat,” ucapnya.

Selain ketiga model yang disebutkan, Firman mengatakan jika Polri akan menambah motor listrik baru dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi, diproduksi lokal oleh pabrikan asal Bali, Hunter Motorcycles Indonesia.

“Unitnya memang sudah ada tapi masih belum diumumkan. Diumumkannya nanti,” kata Firman.

Baca juga: Perusahaan Ini Serahkan Motor Listrik untuk Kendaraaan Dinas Dishub DKI

Energica ExperiaFoto: Energica Energica Experia

Hal ini dikonfirmasi pula oleh David Broadhurst, Chief Technical Officer (CTO) Hunter Motorcycles Indonesia. Dia mengatakan, pihaknya memang memproduksi motor listrik baru untuk Polisi.

David menjelaskan, motor listrik khusus polisi tersebut berjenis escort alias dikhususkan untuk tugas pengawalan. Spesifikasinya tinggi dan diklaim setara dengan motor konvensional kubikasi 2.000 cc.

“Ada banyak teknologi terbaru yang dipasang, tenaganya besar tapi bodinya ringkas,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Alasan Pemerintah RI Perluas Pemberian Insentif Terhadap Motor Listrik

Enduro EV, Motor Listrik Trail buatan Hunter Motorcycles IndonesiaKOMPAS.com/daafa Enduro EV, Motor Listrik Trail buatan Hunter Motorcycles Indonesia

Dia mengaku belum bisa membagikan informasi mendetil untuk saat ini, karena hal tersebut masih dirahasiakan.

Adapun untuk peluncurannya, David mengatakan jika prosesi serah terima dengan pihak kepolisian akan dilakukan pada penghujung Agustus, atau awal Juli 2023.

“Peluncuran resmi dan penjelasan spesifikasi lengkap akan disampaikan saat serah terima dengan pihak Polisi nanti,” ujar David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com