Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Masyarakat Klaten Usai Ikut Ujian Praktik SIM C Model Baru

Kompas.com - 09/08/2023, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Trek ujian praktik SIM C secara resmi telah diubah secara serentak di masing-masing Satpas terhitung sejak Senin (7/8/2023).

Trek tersebut diklaim lebih mudah daripada yang lama karena sudah menghilangkan pola-pola sulit di dalamnya seperti angka 8 dan zig-zag.

Lantas, apa komentar para peserta ujian prakik SIM C dengan trek terbaru ini?

Baca juga: Efek Instan Revolusi Ujian SIM C, Tingkat Kelulusan Capai 90 Persen dan Minim Pungli

Kasatlantas Polres Klaten sedang memberikan penjelasan terkait aturan ujian praktik SIM C kepada pesertaKompas.com/Erwin Setiawan Kasatlantas Polres Klaten sedang memberikan penjelasan terkait aturan ujian praktik SIM C kepada peserta

Agung Hidayat (20) Mahasiswa warga Kemalang, Klaten mengatakan dirinya telah gagal dua kali ujian praktik SIM C sebelum trek baru diresmikan.

“Dua kali gagal dulu dengan trek lama, sedangkan trek baru jauh lebih mudah karena trek diubah menjadi lebih lebar,” ucap Agung kepada Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Aisyah Nur Aini (18) Mahasiswi warga Trucuk, Klaten mengatakan dirinya sempat gagal pada uji coba ujian praktik SIM C setelah lupa menyalakan lampu sein.

Baca juga: Lintasan Diubah, Tingkat Kelulusan Pemohon SIM C di Bandung Melonjak Jadi 95 Persen

Contoh cara berhenti di trek pola huruf YKompas.com/Erwin Setiawan Contoh cara berhenti di trek pola huruf Y

“Gagal pas uji coba karena saya lupa menyalakan lampu sein, tapi jika dibandingkan dengan trek lama ini lebih mudah, selama pengendara bisa naik motor pasti bisa, optimis lulus nanti,” ucap Aisyah kepada Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Nur Aini Fadilah (19) Mahasiswi warga Klaten sangat bersyukur ujian praktik SIM C sudah diubah sehingga pada ujian kesempatan ketiga ini dirinya bisa lulus dalam sekali coba.

“Terima kasih pak Kapolri dan pak Kapolres Klaten yang sudah mengubah trek ujian praktik SIM C menjadi lebih relevan dengan kondisi jalan pada umumnya, sehingga pembuatan SIM C menjadi lebih mudah,” ucap Aini kepada Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Baca juga: Ujian SIM C yang Baru, Jalur Angka 8 Berubah Menjadi Jalur Huruf S, Pemohon Boleh Belajar Dulu

Menurut Aini trek baru ujian SIM C ini lebih masuk akal jika dibandingkan dengan trek lama karena jika memang ada jalan yang sempit seperti itu normalnya pengendara akan menurunkan kaki.

“Trek lama sangat sempit, menurut saya jalan sesempit itu jarang dijumpai di jalan, kalaupun ada saya mending turun daripada harus menaiki motor,” ucap Aini.

Jadi, dengan diubahnya trek ujian praktik SIM C ini membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya warga Klaten dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com