Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Menilai Ujian Praktik SIM C Masih Bisa Ditingkatkan

Kompas.com - 08/08/2023, 17:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C resmi mengalami perubahan mulai Senin (7/8/2023). Ada beberapa perombakan, mulai poin penilaian serta pola lintasan.

Menurut pernyataan Korlantas Polri, ubahan tersebut ditujukan untuk mempermudah para peserta ujian, supaya tidak lagi kesulitan dalam memperoleh SIM.

Kendari sudah diubah, Pengamat keselamatan berkendara menilai ujian praktik SIM C masih bisa lebih ditingkatkan dan disempurnakan lagi. Hal itu akan menambah kualitas peserta di jalan umum nantinya.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia menjelaskan, edukasi soal pemahaman dan sikap saat menjumpai rambu lalu lintas di jalan masih kurang banyak diterapkan, selama ujian praktik SIM C.

Baca juga: Biaya Resmi Bikin SIM C Terbaru Setelah Materi Ujian Praktik Diubah

Ujian praktik SIM C dengan lintasan terbaru di SoloKOMPAS.com/ SELMA AULIA Ujian praktik SIM C dengan lintasan terbaru di Solo

Walaupun penjelasan soal makna rambu sudah dilakukan saat tes teori ujian SIM, Sony menilai kondisi ruangan dan lapangan berbeda. Hal ini juga bertujuan untuk menakar reflek respon para peserta.

“Misalnya menghadapi rambu berhenti, kan ada banyak. Tapi saat berhenti itu pengendara harus bagaimana? Harus diam kah, matikan motor kah, atau semacamnya. Inilah yang harus diedukasi,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/7/2023).

Menyoal perubahan pola, Sony menilai lintasan yang baru memang dirasa lebih sesuai dan bermanfaat bagi peserta, menimbang garis marka sudah diperlebar menjadi 2 kali ukuran kendaraan.

Baca juga: Bukan Persulit Warga, Ini Alasan Polisi Lebih Detail Terima Laporan Motor Hilang

denah sirkuit untuk ujian SIM C motor, polanya akan disesuaikan tergantung wilayah SatpasKompas.com/Daafa Alhaqqy denah sirkuit untuk ujian SIM C motor, polanya akan disesuaikan tergantung wilayah Satpas

Namun sewajarnya fungsi lintasan, hanya difungsikan sebagai prasarana saja dan bukan faktor penilaian utama untuk edukasi keselamatan berkendara.

“Lintasan kan cuma sarana, yang penting materi uji dan materi penilaiannya terhadap para peserta,” kata Sony.

Untuk diketahui, ada beberapa perubahan pada ujian praktik SIM C baru. Tidak ada lagi lintasan pola zig-zag dan angka 8 yang harus dilalui peserta, keduanya disederhanakan menjadi pola huruf S biasa.

Baca juga: Pebalap Nasional Siap Hadiahkan Gelar Juara untuk HUT Ke-78 RI

Belasan pemohon jajal trek baru ujian praktek SIM C di Polres Blitar Kota. Mayoritas gagal di tikungan pertama setengah lingkaran, Sabtu (5/8/2023)KOMPAS.COM/ASIP HASANI Belasan pemohon jajal trek baru ujian praktek SIM C di Polres Blitar Kota. Mayoritas gagal di tikungan pertama setengah lingkaran, Sabtu (5/8/2023)

Selain itu, ada 5 kategori tantangan yang harus dilewati peserta, dan menjadi poin penilaian penguji, yakni :

- Tes awal berangkat

- Tes mengerem dan berhenti di area yellow box

- Tes U-turn atau putar balik

- Tes berkendara di pola ‘S’

- Tes menghindari halangan dan berhenti

Peserta hanya diberikan dua kali kesempatan untuk melakukan ujian praktik SIM C. Tidak ada batasan waktu ujian, namun kecepatan rata-rata tidak boleh melebihi 30 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com