Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Begini Tips Agar Lulus Ujian Praktik SIM C dengan Trek Baru

Kompas.com - 08/08/2023, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Trek ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C sudah mengalami penyesuaian secara serentak di masing-masing Satpas per Senin (7/8/2023).

Trek baru ini terlihat lebih lebar dari yang lama, dan rintangan yang disajikan juga tidak terlalu susah setelah tanpa pola angka 8 dan zig-zag.

Lantas, seperti apa aturan dalam mengikuti ujian parktik SIM C agar bisa lulus?

Baca juga: Cucun Apresiasi Kebijakan Kapolri Ubah Sirkuit Ujian Praktik SIM C

Peserta ujian SIM C di Satpas Klaten sedang menyimak aturan praktik menggunakan trek baru.Kompas.com/Erwin Setiawan Peserta ujian SIM C di Satpas Klaten sedang menyimak aturan praktik menggunakan trek baru.

Kasatlantas Polres Klaten AKP Sugiyanto Kaslan mengatakan peserta ujian harus bisa mempraktikan berkendara yang baik dan benar dengan rintangan yang sudah disiapkan.

“Rintangan trek ujian praktik SIM C sudah dibikin sangat relevan dengan kondisi jalan di jalan raya, ada trek lurus dengan kecepatan tertentu, berhenti dengan aman, akurasi dalam bermanuver serta menghindari hambatan,” ucap Sugiyanto kepada Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Sugiyanto mengatakan peserta harus menerapkan etika berkendara yang baik dan benar saat ujian praktik berlangsung agar bisa lulus.

Baca juga: Lintasan Ujian SIM C Diubah Jadi S, Tingkat Kelulusan Capai 90 Persen

Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, saat meninjau denah lintasan ujian praktik SIM C baruKompas.com/Daafa Alhaqqy Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi, saat meninjau denah lintasan ujian praktik SIM C baru

Saat di garis start peserta harus mampu mempraktikkan pemeriksaan kelengkapan kendaraan seperti menyalakan lampu, memakai helm, tidak pakai sandal dan sejenisnya.

“Peserta harus bisa konsentrasi terhadap rambu-rambu yang ada terkait kecepatan, dalam ujian ini peserta harus memacu kendaraan minimal 30 Kpj di trek lurus setelah garis start,” ucap Sugiyanto.

Selanjutnya ada area keselamatan berupa garis kuning dengan silang di tengahnya. Sugiyanto mengatakan area tersebut biasa ditemui di persimpangan atau area padat seperti sekolah dan sebagainya.

Baca juga: Ujian Praktik SIM C Tanpa Angka 8, Harus Dorong Keselamatan Berkendara

Petugas sedang memberi contoh aturan ujian praktik SIM CKompas.com/Erwin Setiawan Petugas sedang memberi contoh aturan ujian praktik SIM C

“Peserta harus bisa menghentikan laju kendaraan dengan stabil tepat di area yang disediakan dengan kaki kiri sebagai pijakan, kaki tidak boleh menggantung sebelum motor benar-benar berhenti karena itu berbahaya,” ucap Sugiyanto.

Selanjutnya, sebelum melanjutkan perjalanan peserta harus bisa mempraktikan etika berkendara yang baik dengan memastikan area depan, samping dan belakang aman.

Setelah itu peserta akan melalui U-Turn, trek dengan pola huruf S. Peserta tidak boleh keluar trek dan bisa mengendalikan laju motor dengan stabil.

Baca juga: Ujian Praktik SIM C Terbaru Diberlakukan Serempak di 468 Satpas

denah sirkuit untuk ujian SIM C motor, polanya akan disesuaikan tergantung wilayah SatpasKompas.com/Daafa Alhaqqy denah sirkuit untuk ujian SIM C motor, polanya akan disesuaikan tergantung wilayah Satpas

“Dalam rintangan seperti itu tidak ada batas kecepatan, semua dikembalikan lagi dengan kemampuan pengendara, kondisi jalan seperti itu umum dijumpai di jalan raya sehingga peserta ujian wajib menguasainya,” ucap Sugiyanto.

Selanjutnya, peserta akan dihadapkan dengan trek lurus. Peserta harus memacu kecepatan minimal 30 Kpj sebelum ketemu dengan trek mirip huruf Y untuk bermanuver seperti menghindari benda secara mendadak di jalan.

Di ujung garis finish atau di trek huruf Y tersebut ada petugas yang akan menentukan lajur mana yang harus dipilih oleh peserta dan menghentikan laju motor.

Baca juga: Trek Zig-zag dan 8 Dihapus dalam Ujian Praktik SIM C, Begini Bentuk Lintasan Terkini

Contoh cara berhenti di trek pola huruf YKompas.com/Erwin Setiawan Contoh cara berhenti di trek pola huruf Y

“Jangan lupa, saat sudah menentukan mau bermanuver ke arah kanan atau kiri, maka pengendara saat itu juga harus menyalakan lampu sein dan mengerem, baru bermanuver dengan aman,” ucap Sugiyanto.

Sugiyanto menegaskan, peserta tidak boleh bermanuver terlebih dulu baru menyalakan lampu sein jika tidak ingin gagal dalam ujian praktik SIM C.

Perlu diingat juga, peserta harus selalu menggunakan kaki kiri sebagai pijakan saat motor berhenti dan selalu memeriksa area kanan, kiri dan belakang aman sebagai wujud kepedulian terhadap pengguna jalan lain.

“Selain kemahiran, peserta juga dituntut memiliki etika saat berkendara, maka dari itu dalam ujian praktik SIM C ini ada aturan yang harus dipraktikan dengan benar,” ucap Sugiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com