Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis Bus Sekolah di Jakarta

Kompas.com - 09/08/2023, 15:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Bus merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak diandalkan sebagai sarana mobilitas, termasuk bus sekolah.

Saat ini bus kuning yang mengakut anak sekolah secara gratis telah disediakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub DKI Jakarta) bagi pelajar di Jakarta.

Namun banyak yang tidak tahu bila bus sekolah di Jakarta jenis bodi dan dapur pacu yang berbeda.

Bahkan, salah satu sopir bus sekolah yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, untuk jumlah kursi penumpang yang ada di dalam bus juga berbeda, tergantung fungsi atau rute yang dilalui oleh bus.

Baca juga: Tes Daihatsu Rocky Bekas di Mobil88, Cek Kondisi Kabin

Bus sekolah di Jakarta itu ada rute reguler dan rute zonasi. Untuk rute reguler punya kapasitas 27 kursi penumpang yang akan lewat jalan utama atau jalan besar. Bus sekolah rute zonasi punya ukuran yang lebih kecil dengan 19 kursi penumpang. Karena ukurannya lebih kecil, bus akan melintasi sekolah-sekolah yang melalui jalan kecil yang pada padat penduduk,” kata seorang sopir bus sekolah tersebut kepada Kompas.com di Terminal Bus Pasar Minggu (9/8/2023).

Dia juga menjelaskan, bus yang berangkat dari Pasar Minggu merupakan jenis bus sekolah rute reguler.

Secara spesifikasi bus kuning tersebut menggunakan jenis medium bus dengan sasis Hino FB 130. Kemudian bus dibalut oleh bodi Nucleus buatan Karoseri Laksana.

Ada tiga jenis rute bus sekolah yang punya titik keberangkatan dari Pasar Minggu yaitu Pasar Minggu– Warung Buncit-Kebayoran Baru PTIK, Pasar Minggu-Ranco-Lenteng Agung-Universitas Indonesia dan Pasar Minggu-Pancoran – Manggarai.

Bus sekolah di Terminal Bus Pasar MingguKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus sekolah di Terminal Bus Pasar Minggu

Bus tersebut punya desain yang ringkas dengan bentuk kotak khas bus perkotaan. Tidak lupa pada bagian depan bus disematkan emblem dengan tulisan Nucleus dan Logo Hino. Bagian kaca samping tampil lebih minimalis tanpa adanya aksen selendang.

Kemudian, bus menggunakan model pintu tengah untuk akses keluar masuk. Sasis Hino FB 130 dilengkapi dengan mesin diesel kapasitas 4.000 cc dengan keluaran tenaga mencapai 130 PS.

Baca juga: Karoseri Adiputro Bawa 9 Bus Anyar Pakai Jetbus 5 di GIIAS 2023

Agar lebih nyaman, sasis dilengkapi double acting shock absorber dan stabilizer sehingga dapat meredam guncangan pada saat berakselerasi.

Berdasarkan informasi dari Instagram @ dishubdkijakarta, layanan bus sekolah tersedia dalam dua jenis rute, yaitu rute reguler dengan 28 jalur dan rute zonasi dengan 13 jalur.

Bus sekolah beroperasi setiap hari kerja yaitu Senin – Jumat yang dibagi dalam tiga shift. Shift pertama beroperasi pada pukul 05.30-07.00 WIB. Shift kedua pada pukul 11.00-16.00 WIB. Shift ketiga pada pukul 17.00-18.30 WIB.

“Layanan bus sekolah ini gratis untuk pelajar SD, SMP, dan SMA/ SMK. Untuk pelajar yang ingin naik bus ini hanya perlu menunggu di halte bus sekolah atau pada jalan-jalan di dekat bus sekolah pada jam operasional,” kata sopir bus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com