Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Mengemudikan Toyota Limo Bekas Taksi, Km 300.000-an

Kompas.com - 07/08/2023, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil bekas taksi memang bisa jadi pilihan ketika mau cari kendaraan dengan budget di bawah Rp 100 juta. Misal Toyota Limo lansiran 2013-2014 dibanderol mulai Rp 70 jutaan.

Redaksi Kompas.com belum lama ini sempat main ke diler Mobil Go Mampang, grup dari Blue Bird yang menjual mobil bekas taksi. Pada kesempatan tersebut, kami mencoba menyetir Toyota Limo lansiran 2014 yang sudah upgrade.

Kalau standar, memang harganya mulai Rp 70 jutaan, tapi unit yang kami coba ditambah biaya Rp 15 juta. Ubahannya seperti pelek, bodykit, spion electric, alarm, sampai sistem hiburan di kabin.

Baca juga: Layanan Taksi Silver Bird Juga Bisa Pakai Aplikasi MyBlueBird


Kalau melihat ke odometernya, Limo berkelir putih ini sudah menempuh jarak lebih dari 300.000 Km. Lalu bagaimana impresi berkendaranya?

Soal mesin, memang sudah masuk ke rawatan dari Blue Bird, ketika dinyalakan masih halus, minim getaran. Kopling dan transmisi pun terasa ringan saja saat ditekan dan digeser.

Kami dapat kesempatan mencoba di area pool Blue Bird mampang yang cukup luas serta ada beberapa rintangan seperti polisi tidur. Ketika mulai jalan, kopling cukup ringan saat diinjak dan dilepas.

Baca juga: Lagi Tren, Bikin Honda Win 100 Pakai Bahan Honda Verza

Toyota Limo bekas taksi dengan harga di bawah Rp 100 jutaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Limo bekas taksi dengan harga di bawah Rp 100 juta

Cuma, mungkin karena karakter mesinnya, ketika kopling diinjak, putaran mesin tidak langsung turun, tapi perlahan. Jadi dengan lepas kopling saja, RPM masih mampu menjaga mesin tidak mati saat ganti gigi.

Mengingat area tes yang terbatas, suspensinya terbilang senyap kalau dari kabin. Kami melewati area yang tidak rata sampai jalan dengan polisi tidur, kaki-kaki sepertinya cukup dirawat dengan baik.

Lalu soal setir, rasanya perlu refresh lagi bagian power steering, karena terasa agak berat. Mengingat, semua mobil yang ditawarkan di Mobil Go punya garansi untuk mesin saja, 3 bulan atau 3.000 Km, sisanya silakan coba sendiri dengan test drive, cari yang terbaik.

Toyota Limo bekas taksi dengan harga di bawah Rp 100 jutaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Toyota Limo bekas taksi dengan harga di bawah Rp 100 juta

Ketika ingin membeli mobil bekas taksi, lebih baik memang coba langsung, jadi terpikir apa saja yang perlu diperbaiki setelah keluar diler. Sehingga, budget untuk perbaikan setidaknya sudah disiapkan.

Menurut kami, dengan harga di bawah Rp 100 juta, Toyota Limo bekas taksi bisa jadi pilihan yang menarik. Cuma harus disiapkan biaya lagi untuk perbaikan di luar diler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com