Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatuh Lagi di MotoGP Inggris, Marc Marquez Mengaku Tetap Senang

Kompas.com - 07/08/2023, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez mengatakan dirinya tetap senang dengan hasil MotoGP Inggris 2023. Meski terjatuh dan tidak mendapat poin, Marquez bersikeras bahwa dia tahu apa yang mesti dia tingkatkan ke depan.

Untuk diketahui Marquez jatuh di lap ke-16 atau empat lap sebelum finis. Marquez start dari posisi ke-14 dan posisinya sempat melorot karena sayapnya patah akibat senggolan dengan pebalap Yamaha Franco Morbidelli.

Baca juga: Klasemen Pebalap Usai MotoGP Inggris, Bagnaia Masih Kokoh di Puncak

Marquez sempat naik ke posisi ke-10 sampai gerimis mulai turun di akhir balapan, kemudian dia disalip pebalap Ducati Enea Bastianini.

Pebalap Repsol Honda setelah berhasil meraih pole position atau posisi terdepan pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Prefektur Tochigi, Sabtu (24/9/2022) sore WIB. Terkini, Marc Marquez harus berjuang melalui Q1 untuk bisa lolos ke Q2 guna memperebutkan pole position MotoGP Thailand 2022. AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Pebalap Repsol Honda setelah berhasil meraih pole position atau posisi terdepan pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, Prefektur Tochigi, Sabtu (24/9/2022) sore WIB. Terkini, Marc Marquez harus berjuang melalui Q1 untuk bisa lolos ke Q2 guna memperebutkan pole position MotoGP Thailand 2022.

“Senang dengan akhir pekan, karena targetnya adalah untuk sedikit membangun kembali kepercayaan diri dan mencoba menemukan basis (yang tepat)," kata Marquez dilansir dari Crash.net, Senin (7/8/2023).

“Saya membangun kembali kepercayaan diri, tetapi untuk menemukan basis, kami masih membutuhkan lebih banyak balapan, lebih banyak trek, dan situasi yang berbeda. Tapi akhir pekan itu adalah akhir pekan yang solid, stabil," ujar dia.

Marquez mengatakan dia memang jatuh, tapi jangan cuma melihat insiden tersebut. Motornya tidak punya downforce dan dia balapan dengan baik sepanjang balapan.

Baca juga: Espargaro Beri Kemenangan Perdana Aprilia di MotoGP 2023, Drama Gerimis

“Saya juga mengendalikan diri. Memang benar kalau ada yang berkata, 'kamu jatuh dalam balapan'. Itu benar, tapi itu adalah situasi yang sangat tidak menguntungkan yang bisa terjadi dalam balapan," kata dia.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez bekerja sama dengan Airbnb menyewakan motorhome miliknya untuk GP Catalunya yang akan digelar pada 3 September 2023 mendatang.
Dok MotoGP Pebalap Repsol Honda Marc Marquez bekerja sama dengan Airbnb menyewakan motorhome miliknya untuk GP Catalunya yang akan digelar pada 3 September 2023 mendatang.

“Tapi masalahnya sayap saya patah di lap pertama, jadi saya kehilangan banyak akselerasi, dan cara menghentikan motor sangat sulit," ujar Marquez.

“Lalu saya berkata, 'Oke, tetap tenang', saya mengendarai ritme saya, tidak lebih, yang saya lakukan selama latihan," kata Marquez.

Secara terselubung Marquez mengatakan tidak mau gegabah. Dia harus mengontrol emosinya dan tidak melakukan kesalahan, sebab jika tampil menekan dan jatuh dengan kondisi parah maka bisa kembali berpengaruh pada kesehatannya.

Baca juga: Cegah Kecelakaan Sepeda Listrik, Butuh Sarana yang Memadai

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez beraksi dalam rangkaian MotoGP Jerman 2023, Sabtu (17/6/2023) sore WIB. Terkini, Marquez absen pada balapan MotoGP Belanda 2023 di Sirkuit Assen, Minggu (24/6/2023). Terkini, Marc Marquez terjatuh saat menjalani balapan di MotoGP Inggris 2023.AFP/RONNY HARTMANN Pebalap Repsol Honda Marc Marquez beraksi dalam rangkaian MotoGP Jerman 2023, Sabtu (17/6/2023) sore WIB. Terkini, Marquez absen pada balapan MotoGP Belanda 2023 di Sirkuit Assen, Minggu (24/6/2023). Terkini, Marc Marquez terjatuh saat menjalani balapan di MotoGP Inggris 2023.

“Bastianini menyalip saya, dan saya berkata, ‘OK’, karena hari ini saya tidak ingin mengambil risiko lebih banyak saat hujan. Tetapi ketika itu di belokan itu saya melihat sedikit lebih basah, dan saya mulai meluncur sedikit," katanya.

“Jadi saya berkata, 'Oke, saya ke sisi kiri agar tak terjadi kontak'. Tetapi pada saat itu, Bastianini memiliki momen kecil dan juga berada di kiri, dan kemudian saya tidak punya waktu untuk menghindari situasi tersebut," kata Marquez.

“Saya pikir saya memiliki kontak kecil dengannya. Kami jatuh, tapi itu jenis kecelakaan yang membuat saya tidak kehilangan kepercayaan diri,” ujar Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com