Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Marquez Raih Kemenangan Perdana Bersama Gresini Racing

Kompas.com - 06/08/2023, 18:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Marquez berhasil meraih kemenangan di sprint race pada MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit Silverstone. Kemenangan ini merupakan yang pertama kalinya dia raih bersama Gresini Racing.

Mengawali paruh kedua musim MotoGP 2023, pebalap Gresini Racing tersebut berhasil naik podium utama. Berkat hasil kualifikasi di kondisi hujan yang mencatatkan waktu 2 menit 15,771 detik, Alex menjadi pebalap tercepat ketiga.

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Inggris 2023, Alex Marquez Menang

Dia berhasil memanfaatkan posisi start dari barisan terdepan. Pebalap asal Spanyol ini mengalami start yang kurang menguntungkan dengan kondisi lintasan. Beruntung di lap awal bisa segera memulihkan ke posisi terdepan menggeser Augusto Fernandez, Jack Miller, hingga Marco Bezzecchi.

Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit SilverstoneDok. Gresini Racing Alex Marquez saat berlaga pada MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit Silverstone

“Saya langsung tahu bahwa balapan kali ini akan menjadi yang terbaik. Saya sedikit lengah dan kehilangan beberapa tempat, tetapi kemudian saya bisa kencang dan percaya diri,” ujar Alex, dalam keterangan resminya.

Alex bersyukur mendapat rekomendasi dari para ahli. Meski sempat membuat kesalahan di lap akhir, tapi dia bisa membalap dengan baik.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Keinginan Bertahan Bersama Gresini Musim Depan

"Selain itu, saya memegang kendali dan sangat menarik untuk mengklaim kemenangan perdana ini, yang pertama saya dedikasikan untuk tim hebat ini, terutama rekomendasi ahli dari mekanik yang bikin motor saya nyaman dan percaya diri saat balapan,” kata Alex.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit SilverstoneDok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit Silverstone

Sangat disayangkan Fabio Di Giannantonio tak bisa tampil bagus di balapan akibat terjatuh saat sesi kualifikasi Q1. Padahal di FP2, dirinya bisa membukukan waktu tercepat di kondisi hujan yakni 2 menit 18,076 detik.

“Sayang sekali untuk kesalahan yang terjadi, saya bisa melakukannya dengan sangat baik dan dalam balapan kami menunjukkan bahwa kami memiliki angka untuk tetap menjadi yang terbaik,” ujar Di Giannantonio.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2023Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Belanda 2023

Pembalap bernomor start 49 ini kembali menyayangkan yang terjadi di Q1 harus start di posisi belakang. Menurutnya, perjuangan jadi lebih berat dan ini sudah terjadi selama empat seri terakhir.

Dengan kemenangan ini, Alex naik satu peringkat ke peringkat kesembilan pada klasemen sementara MotoGP 2023. Sementara Di Giannantonio, masih berada di peringkat ke-15.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com