Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Motor Kemalingan, Begini Tips dari Pelaku Curanmor

Kompas.com - 06/08/2023, 11:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Maling sepeda motor mengincar skutik kelas entry level karena mudah dibobol. Meski saat ini mayoritas motor sudah pakai penutup kunci magnet, hal itu ternyata tidak pengaruh sama sekali.

OA (24 tahun) tersangka pelaku pencurian motor, mengatakan, cara paling ampuh menghalau maling ialah dengan menambahkan kunci pengaman tambahan.

Baca juga: Hasil Klasemen Sementara Usai Sprint Race Inggris, Bagnaia Memimpin

"Pengaruhnya itu kalau yang pasang otomatis, sama remote (pakai alarm), sama kunci yang dari diler itu," ujar OA yang ditemui Kompas.com, di Polsek Tambora, Jakarta Barat, belum lama ini.

Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.Foto: Dokumentasi Polsek Tambora Polsek Tambora membongkar sindikat pencurian kendaraan bermotor dengan barang bukti sepeda motor total 18 unit sekaligus.

OA mengatakan, trik lain mengamankan motor memakai gembok tambahan tidak pengaruh sama sekali, sebab gembok juga dapat dibobol. Kecuali menggunakan kunci tambahan dari diler yang sulit dijebol.

"Kalau kunci yang yang lain kita beli gembok putih atau kuning itu bisa dibuka, ada kuncinya juga," kata OA.

"Kalau (kunci ganda) yang diler itu susah. Bisa juga dibuka tapi butuh waktu satu jam lebih. Kan tidak keburu ngambilnya. Kecuali di waktu subuh," ujar OA.

Baca juga: Importir Ini Buka Pengadaan Mobil Listrik Murah untuk Perusahaan

Pentingnya penggunaan kunci ganda terekam dalam video yang dilansir dari akun TikTok @izulkarnain11 (27/5/2023).Screenshot TikTok @izulkarnain11 Pentingnya penggunaan kunci ganda terekam dalam video yang dilansir dari akun TikTok @izulkarnain11 (27/5/2023).

Selain itu OA mengatakan, trik pemilik motor mengunci setang ke kanan juga sama sekali tidak pengaruh menghambat maling. Maling tetap bisa menjebol anak kunci dan motor bisa dihidupkan.

"Tidak ada pengaruhnya sama sekali," kata OA.

"Cuma sedikit pengaruh ialah kunci T-nya itu cuma nyangkut sedikit doang. Tapi hidup juga, sama saja semuanya," ujar OA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com