Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RPM Tiba-tiba Naik, Tanda Transmisi Mobil Matik Bermasalah

Kompas.com - 04/08/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Pengguna mobil matik perlu mengetahui gejala yang bisa dirasakan bila transmisi matik mulai bermasalah. Dengan demikian, mobil bisa segera mendapatkan penanganan sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan.

Salah satu gejalanya adalah putaran mesin atau RPM di tachometer secara tiba-tiba naik dengan sendirinya padahal pada saat itu pengemudi tidak melakukan akselerasi atau menambah injakan pedal gas.

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan salah satu gejala transmisi matik mulai bermasalah adalah terjadinya kenaikan putaran mesin pada saat deselerasi.

Baca juga: Jangan Geber Mesin Mobil sampai RPM Menyentuh Red Line

Perhatikan jarum RPM mobil saat melakukan Stall TestKOMPAS.com/STANLY RAVEL Perhatikan jarum RPM mobil saat melakukan Stall Test

“Pada saat pengemudi melepas pedal gas untuk mengurangi laju kendaraan, normalnya terjadi engine brake dalam skala kecil, putaran mesin juga akan turun dampak pengereman dari mesin tersebut,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (3/8/2023).

Hardi mengatakan ketika transmisi matik sudah mulai bermasalah maka akan terjadi selip. Hanya saja, untuk mengetahui seperti apa gejala selip yang dirasakan pengemudi harus peka.

Jika di bengkel, selip bisa terdeteksi dengan bantuan alat scanner saat mobil melaju. Sehingga, ketika terjadi selip atau selisih rasio percepatan akan terlihat angkanya di layar monitor.

Baca juga: Pentingnya Perhatikan RPM Mobil Saat Berkendara

“Nah, sementara yang dirasakan pengemudi saat selip terjadi adalah muncul kenaikan putaran mesin saat pengemudi melepas pedal gas untuk memperlambat laju mobil, tiba-tiba Rpm di tachometer naik atau terdengar suara mesin menggerung,” ucap Hardi.

Permasalahan selip yang terjadi berulang kali akan terekam oleh sistem sehingga mobil akan menginfokan masalah tersebut melalui malfunction indicator lamp (MIL) berupa kode yang bisa dibaca penemudi.

“Sebisa mungkin pengemudi mengetahui lebih dini bila mulai ada gejala selip, meski lampu cek engine belum menyala, agar kerusakan komponen transmisi tidak banyak saat perbaikan,” ucap Hardi.

Maka dari itu, bila sesekali Anda menjumpai gejala tersebut muncul tidak ada salahnya untuk memeriksa kondisi transmisi matik ke bengkel yang kompeten di bidangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com