Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standardisasi Baterai Motor Listrik Belum Ada Kejelasan

Kompas.com - 31/07/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri ESDM Arifin Tasrif menegaskan bahwa program standardisasi baterai kendaraan listrik roda dua sedang dicanangkan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah jalannya program elektrifikasi nasional.

Rencananya, aturan ini akan digagas lewat koordinasi ESDM dengan Indonesia Battery Corporation (IBC), konsorsium empat BUMN yang terdiri dari PLN, MIND ID, Antam, serta Pertamina.

Arifin menjelaskan, standardisasi baterai akan berlaku bagi semua jenis motor listrik, baik pabrikan maupun konversi.

“Nantinya kami (ESDM) akan lakukan koordinasi lebih lanjut dengan IBC, menyoal standardisasi (baterai motor listrik) ini bagaimana,” ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (28/7/2023).

Baca juga: Motor Listrik Konversi Tidak Boleh Dimodifikasi, STNK Bisa Gugur

Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS). KOMPAS.com/Gilang Indonesia Battery Corporation (IBC) resmi meluncurkan Battery Asset Management Services (BAMS).

Dia mengatakan, tujuan utama dari perencanaan ini adalah mempermudah masyarakat dalam pemakaian motor listrik, dengan menciptakan keseragaman yang diatur dalam satu ketentuan.

“Bagusnya memang baterai-baterai itu kita standardisasi sendiri, jadi tidak kesulitan dalam hal pergantian (swap), charging, dan lain sebagainya,” ucap dia.

Arifin mengharapkan, program ini bisa dilangsungkan secepatnya dan Indonesia bisa sepenuhnya independen dalam hal proses produksi baterai motor listrik.

“Mudah-mudahan dalam 2 sampai 3 tahun ini, kita bisa mulai produksi baterai sendiri,” ujarnya.

Baca juga: Ini 7 Tahap Uji Tipe Motor Listrik Konversi, dari Baterai sampai Sein

Baterai motor listrik Selis dan Hyundai diproduksi oleh SamsungKOMPAS.com/daafa Baterai motor listrik Selis dan Hyundai diproduksi oleh Samsung

Harapan ESDM agar Indonesia mampu memproduksi dan melakukan standardisasi baterai secara mandiri, memang dilandasi alasan yang jelas.

Namun, ada pendapat berbeda yang disampaikan oleh petinggi pemerintahan terkait hal ini.

Moeldoko, Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) sekaligus Kepala Staf Kepresidenan RI mengatakan, baterai motor listrik tidak perlu distandardisasi, karena hal itu merupakan kebebasan produsen.

“Persoalan baterai dan modelnya (tanam atau swap) terserah produsen saja, karena itu kan memang ranah bisnis bagi mereka. Pemerintah tidak akan ikut campur,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Perbanyak SPKLU, Kementerian ESDM Akan Koordinasi dengan PLN dan Pertamina

Contoh baterai motor listrik jenis Sealed Lead Acid (SLA) yang mati total. Supaya bisa hidup, harus menggunakan proses slow chargeKOMPAS.com/daafa Contoh baterai motor listrik jenis Sealed Lead Acid (SLA) yang mati total. Supaya bisa hidup, harus menggunakan proses slow charge

Kendati demikian, Moeldoko menuturkan jika sebaiknya baterai yang digunakan bisa mempermudah konsumen, supaya proses transisi masyarakat ke motor listrik menjadi tidak sulit.

“Eloknya ya baterai motor listrik tahan lama dan tidak mudah habis, serta perawatannya mudah, tidak menghabiskan biaya banyak. Kalau menyangkut hal ini, pemerintah selalu mensosialisasikan,” kata dia.

Dirinya menegaskan, standardisasi yang sepatutnya dilakukan adalah pada konektor charger untuk pengisian daya, baik rumahan pabrik maupun umum SPKLU.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com