Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aman Mencuci Motor Listrik

Kompas.com - 30/07/2023, 15:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbeda dari motor konvensional bermesin bakar internal, motor listrik butuh perlakuan khusus ketika dicuci menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Tujuannya tidak lain untuk menjaga komponen baterai dan sistem kelistrikannya lebih awet.

Samadin, Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu, mengatakan, pada dasarnya mencuci motor listrik sama saja seperti motor konvensional.

“Bisa langsung dicuci, kena semprot bagian baterai atau motor listrik juga aman. Asalkan bukan disemprot ke soket charger, jadi ditutup saja soketnya,” ujar Samadin, kepada Kompas.com (27/7/2023).

Baca juga: Jetbus 5 Tertangkap Kamera Sedang dalam Perjalanan ke BSD

Ilustrasi cuci motor listrikKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi cuci motor listrik

Samadin mengatakan, pada dasarnya motor listrik saat ini sudah aman terkena air, khususnya untuk merek-merek Yadea.

Bahkan ketika dipakai melewati banjir pun diklaim aman. Tapi yang harus dipastikan, motor tetap berjalan bukan berhenti di tengah-tengah genangan air.

Sementara itu, SPV Product Specialist Alva, Abraham Sutadusastra, mengingatkan agar Miniature Circuit Breaker (MCB) dimatikan supaya tidak ada sambungan listrik yang masuk dari baterai ke hub alias motor listrik.

Baca juga: Merasa Dicurangi Bengkel Resmi Saat Servis, Pria Ini Curhat di Media Sosial

Seperti diketahui, MCB merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai sistem di dalam instalasi listrik, untuk pemutus dan penyambung arus listrik antara baterai dengan perangkat kelistrikan lain di motor.

"Kalau mau cuci steam, matikan dulu MCB-nya. Kasih tahu ke orang yang akan cuci bahwa ini motor listrik. Kemudian apabila ingin disemprot, kasih jarak saja sekitar 60 cm sampai 1 meter," kata Abraham, beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com