Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Motor Bekas yang Kurang Laku di Pasaran

Kompas.com - 22/07/2023, 16:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor bekas terkenal punya harga yang lebih terjangkau ketimbang keluaran baru. Namun selain itu, masih ada motor bekas dijual dengan banderol di bawah harga pasaran.

Motor-motor ini biasanya adalah produk yang kurang laku di pasaran. Oleh sebab itu, harganya terbilang murah.

“Bisa dibilang motor bekas Suzuki harganya hancur. Tapi masih ada beberapa yang cari Satria atau Skywave, memang murah banget,” ujar Zeith Haris, pemilik diler motor bekas Pendawa Motor di Condet, Jakarta Timur, kepada Kompas.com (20/7/2023).

Baca juga: Bocoran Harga Mitsubishi XFC Concept, Bersaing dengan HR-V

Suzuki Satria F150KOMPAS.com / Gilang Suzuki Satria F150

Dilansir dari situs jual beli daring, harga Satria F150 keluaran 2019 misalnya, ketika baru dijual di atas Rp 25 jutaan, namun dalam kondisi bekas bisa didapatkan sekitar Rp 11 jutaan sampai Rp 14 jutaan.

Sementara itu, Satria F150 keluaran 2017 alias Satria injeksi keluaran awal, bahkan banyak ditawarkan di bawah harga Rp 10 jutaan.

Adapun Suzuki Skywave lansiran 2007 sampai 2010, saat ini banyak ditawarkan di kisaran Rp 7 jutaan hingga Rp 10 jutaan dengan berbagai kondisi.

Baca juga: Bocoran Harga Toyota Alphard Generasi Terbaru, Ada Varian Hybrid

Zeith juga mengatakan, Yamaha Mio bekas harganya juga terbilang murah di pasaran. Bedanya dengan Honda Beat bahkan bisa berselisih Rp 4 jutaan sampai Rp 5 jutaan untuk tahun yang sama.

“Karena faktor harga yang murah, orang lebih pilih Yamaha. Ini alternatif juga buat konsumen yang cari motor bekas terjangkau,” kata Zeith.

Meski begitu, Mio bekas ini tidak berlaku buat yang kondisinya masih orisinal. Pasalnya motor-motor odometer rendah dengan kondisi apik justru sedang diminati belakangan ini buat koleksi.

Baca juga: Wujud Asli Hyundai Santa Fe Anyar Tertangkap Kamera, Desain Lebih Boxy

Yamaha Mio SoulYamaha Indonesia Yamaha Mio Soul

Hal senada turut disampaikan Sam, marketing diler Firza Motor di Bogor, Jawa Barat. Ia mengatakan, Yamaha Mio series agak sulit dijual di pasar bekas.

"Barangnya juga kita enggak banyak. Beda dengan Aerox, Nmax, cepat laku, keluar masuk (diler)," kata dia, kepada Kompas.com dalam kesempatan terpisah.

Sementara itu, Yosia Hermanto, pemilik diler Motor Bekas Talenta Motor di Palmerah, Jakarta Barat, mengatakan, motor bekas yang harganya jatuh adalah jenis motor sport.

Baca juga: Upgrade Innova Zenix Pakai Modellista, Biaya Rp 15 Juta

Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas.GridOto.com Ilustrasi motor sport 250 cc di diler motor bekas.

Sebagai contoh, Yamaha Vixion tahun 2019 saat ini banyak dijual di kisaran Rp 16 jutaan sampai Rp 18 jutaan. Padahal harga barunya telah menembus Rp 29 jutaan.

Sedangkan Honda CBR 150 yang harga barunya telah menembus Rp 30 jutaan, model bekasnya tahun 2018 kini dipasarkan Rp 14 jutaan sampai Rp 16 jutaan.

“Untuk motor sport, penjualannya sekarang lagi agak sulit. Mungkin karena daya beli sekarang lagi turun,” kata Yosia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com