Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kehilangan Kendaraan Bukan Tanggung Jawab Pengelola Parkir?

Kompas.com - 21/07/2023, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sudah menjadi pemahaman bersama bahwa setiap melakukan parkir kendaraan wajib membayar, kecuali menjadi fasilitas.

Namun kerap tertulis dalam area parkir bahwa bila kehilangan bukan menjadi tanggung jawab pengelola seakan pihak penyedia lahan parkir lepas tangan terhadap benda yang kita titipkan.

Lantas, bisakah pemilik mobil menuntut ganti rugi terhadap pengelola parkir bila kehilangan kendaraan saat parkir?

Baca juga: Imbas Parkir Liar, Polisi Akan Pasang E-TLE Mobile di Jalan Senopati

Ilustrasi suasana parkiran motor di kampus Dicky Aditya Wijaya Ilustrasi suasana parkiran motor di kampus

Jhon Thomson, Advokat dan Penasihat Hukum dari Firma Hukum J. Thomson & Partners mengatakan, konsumen yang kehilangan kendaraan di area parkir tetap merupakan tanggung jawab pengelola.

"Walaupun tertera tulisan 'Kehilangan Bukan Tanggung Jawab Pengelola', tetap merupakan tanggung jawab pengelola parkir, di mana konsumen berhak menuntut ganti rugi senilai kendaraan yang hilang," kata Jhon dikutip dari Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

Jhon mengatakan pencantuman pengumuman seperti itu merupakan klausula baku yang bertentangan hukum sebagaimana dilarang dalam Pasal 18 UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Baca juga: Motor Sering Parkir di Luar, Komponen Ini Bisa Cepat Rusak

"Sedangkan terkait ganti rugi sudah ada yurisprudensi Putusan Mahkamah Agung No 3416/Pdt/1985 menyebutkan bahwa kegiatan usaha parkir merupakan perjanjian penitipan barang sehingga hilangnya barang atau kendaraan pemilik sebagai pengguna jasa parkir menjadi tanggung jawab pengelola parkir," ujar dia.

Baik lahan parkir tersebut berbayar maupun sebagai fasilitas, setiap usaha parkiran merupakan wujud perjanjian penitipan sehingga bila benda yang dititipkan hilang maka pihak yang menyanggupi dititipi harus tanggung jawab.

Nah, maka dari itu kita perlu selektif dalam menitipkan mobil saat di parkiran agar hak-hak kita selaku konsumen bisa tetap terpenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com