Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Sering Parkir di Luar, Komponen Ini Bisa Cepat Rusak

Kompas.com - 18/07/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun terkesan remeh, pengguna tidak dianjurkan untuk memarkir motor di area terbuka. Paparan cuaca ternyata bisa merusak komponen motor.

Satu komponen yang cukup rawan rusak yakni spidometer digital, yang saat ini, sudah digunakan di hampir semua motor lansiran terbaru.

Heru Prasetyo, Kepala Bengkel AHASS Wahana Cisoka menjelaskan, kerusakan macam ini cukup sering dijumpai, khususnya pada musim hujan dan cuaca tidak menentu.

“Seharusnya motor tidak boleh hujan-hujanan dan kepanasan, apalagi yang sudah (pakai spidometer) digital. Spido bisa berembun dan matot (mati total),” ujarnya kepada Kompas.com, belum lama ini

Baca juga: Ini Jenis Ranjau Paku yang Paling Berbahaya di Jalan

Bagian dalam spidometer digital motor. Kabel bisa lepas jika terkena benturantangkapan layar Youtube @abdigas Bagian dalam spidometer digital motor. Kabel bisa lepas jika terkena benturan

Berbeda dengan spidometer analog, spidometer digital memiliki lebih banyak sistem elektrikal yang lebih banyak dan jauh lebih rentan terhadap air.

“Sekat-sekat motor bisa kemasukan air, apalagi kalau hujannya deras, air bisa masuk lewatrongga tombol pada motor. Saat air terkumpul banyak, kabel spidometer bisa korsleting,” ucap Heru.

Jika spidometer digital sudah mati total, tidak ada solusi perbaikan yang bisa dilakukan. Satu-satunya opsi yang dimiliki konsumen adalah penggantian komponen.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 menjelaskan, kerusakan macam itu dikenal dengan istilah dead pixel, alias layar mati total dan tidak menampilkan informasi apapun.

Baca juga: Cek Harga LMPV Usai Varian Baru Hyundai Stargazer Meluncur

Lampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada speedometer motor HondaDok. AHM Lampu indikator malfungsi atau Malfunction Indicator Lamp pada speedometer motor Honda

“Spidometer pakai layar, yang di bawahnya ada sirkuit. Kalau sudah korslet ya tidak bisa dibetulkan, harus ganti unit baru,” ucapnya kepada Kompas.com, (13/7/2023).

Kerusakan pada layar spidometer sejatinya tidak mempengaruhi performa motor, karena motor masih bisa digunakan.

Hanya saja, informasi penting seperti kecepatan, jarak tempuh, bahkan kapasitas bensin jadi tidak terbaca.

Anto mengatakan, harga spidometer digital bervariasi tergantung jenis motor. Umumnya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 900.000 untuk versi orisinil.

Baca juga: Pengembangan Winglet Bikin Pabrikan Jepang Terpuruk di MotoGP

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

“Biasanya spidometer digital agak jarang, kalau mau ganti harus pesan dulu beberapa hari, baru dikirim ke bengkel,” ucapnya.

Menimbang resiko yang bisa terjadi, pengguna motor dianjurkan untuk memarkir di area sejuk, atau yang dilengkapi atap, supaya motor tidak langsung terekspos dengan cuaca.

Alternatif lain yang bisa dipertimbangkan adalah menggunakan sarung motor sebagai pelindung. Aksesori ini bisa dengan mudah disimpan di bagasi saat tidak digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com