Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes Modifikasi Mobil Hot Wheels Hadir Lagi di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2023, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hot Wheels Legends Tour akan hadir lagi di Indonesia. Kesempatan bagi para perakit dan perancang mobil untuk mengabadikan mobil-mobilnya dalam bentuk model miniatur alias die-cast berskala 1:64.

Melanjutkan kesuksesan acara tahun lalu, Hot Wheels Legends Tour 2023 memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengabadikan desain mobilnya. Desain tersebut akan dibuat dalam bentuk model die-cast berskala 1:64 yang akan diproduksi dan dijual di seluruh dunia.

Pada tahun kedua ini, Hot Wheels memiliki gol besar untuk membuat Legends Tour tahun ini menjadi lebih menarik. Salah satunya dengan menghadirkan Brendon Vetuskey, Global Hot Wheels Product Designer, yang dikenal dengan pengalaman dan keahliannya yang luar biasa.

Baca juga: VW Kecebong, Hot Wheels Ukuran Asli di IIMS 2023

Vetuskey akan datang ke Indonesia untuk melakukan penilaian langsung kepada para finalis. Dia juga akan didampingi langsung oleh juri lokal, Galih Laksono, GSpeed Indonesia, SEMA BOTB (Battle Of The Builder), Didiet, dari Bandietoz Garage Kustom, dan Feldani Effendy, Diecast Magazine Chief-Editor dan Founder.

Hot Wheels Legends Tour di IndonesiaDok. Hot Wheels Hot Wheels Legends Tour di Indonesia

Vetuskey mengatakan, dirinya sangat antusias untuk datang ke Hot Wheels Legends Tour 2023 dan melihat potensi dari para car builder dan car enthusiast di Indonesia.

"Pada penjurian tahun lalu, saya semakin melihat bahwa peserta Indonesia memiliki kreativitas yang unik dan berbeda dari negara lain. Ini adalah kesempatan besar bagi seluruh peserta untuk kembali berkompetisi dan meninggalkan jejak di skala regional maupun global," ujar Vetuskey, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Honda Monkey Edisi Hot Wheels Meluncur, Cuma 150 Unit

Tahun lalu, juara dari Indonesia, Denny Kusumah, dengan VW Dakodok yang menjadi juara Favorit Penggemar Asia Pasifik. Dia juga masuk ke dalam 10 besar dalam kompetisi global Hot Wheels Legends Tour.

Hot Wheels Legends Tour di IndonesiaDok. Hot Wheels Hot Wheels Legends Tour di Indonesia

"Hot Wheels Legends Tour memberikan inspirasi yang luar biasa bagi kami, para desainer dan penggemar mobil, dalam memacu kreativitas dan semangat kami," kata Denny.

Denny menambahkan, dukungan yang diberikan oleh acara ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi setiap peserta. Indonesia tidak diragukan lagi memiliki potensi dan peluang yang besar di industri otomotif, baik secara lokal maupun global.

Rueben Sivalingam, Country Manager, PT Mattel Trading Indonesia, mengatakan, pihaknya sangat antusias menyambut kembali Hot Wheels Legends Tour di tahun keenam secara global dan tahun kedua di Indonesia.

Hot Wheels Legends Tour di IndonesiaDok. Hot Wheels Hot Wheels Legends Tour di Indonesia

"Kami juga berharap acara ini tidak hanya menjadi sebuah acara hebat Hot Wheels seperti biasa, namun menjadi sebuah 'annual celebration' bagi seluruh industri otomotif di Indonesia," kata Rueben.

Rueben menambahkan, dengan kehadiran tamu spesial yang akan menilai secara langsung karya-karya para builder mobil Indonesia, pihaknya berharap akan ada perkembangan yang lebih besar lagi.

Pendaftaran untuk berpartisipasi dalam kompetisi Hot Wheels Legends Tour 2023 telah dibuka mulai 1 Juni 2023 hingga 31 Juli 2023. Cara pendaftarannya sangat mudah. Peserta hanya perlu mengunjungi website Hot Wheels Indonesia di www.hotwheelsindo.com, lalu klik menu Hot Wheels Legends Tour.

Pemenang Hot Wheels Legenda Tourist Pemenang Hot Wheels Legenda Tour

Setelah itu, klik daftar, dan dilanjutkan dengan mengisi data diri dan mengunggah foto dan video mobil. Peserta juga diwajibkan untuk menuliskan deskripsi dan narasi singkat mengenai mobilnya.

Nantinya, 20 mobil dengan modifikasi terbaik, telah memenuhi persyaratan, dan telah melalui penyaringan dari para juri akan diundang ke acara Final Hot Wheels Legends Tour Indonesia di Kota Kasablanka.

Karya para peserta dituntut untuk memiliki tiga elemen penting yang menjadi penilaian para juri, yaitu autentisitas, orisinalitas, Garage Spirit.

Dakodok, Finalis 10 Besar Hot Wheels Legends Tour Dunia 2022 ada di IIMS 2023 Dakodok, Finalis 10 Besar Hot Wheels Legends Tour Dunia 2022 ada di IIMS 2023

Kemudian, 20 mobil terbaik akan dipamerkan selama empat hari, 17–20 Agustus 2023, di Mall Kota Kasablanka. Selanjutnya, para peserta akan mengikuti proses penjurian dan bertemu langsung dengan juri global, Brendon Vetuskey, dan seluruh juri lokal.

Pemenangnya akan lolos ke tahap kompetisi selanjutnya, yaitu Asia Pacific Fan Favorite dan Global Final. Untuk diketahui, Hot Wheels Legend Tour sudah digelar di banyak negara sebelumnya, seperti Malaysia, Selandia Baru, Jerman, Brazil, Meksiko, Inggris, Jepang, dan masih banyak lagi, dengan ribuan mobil kustom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com