Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Jejak Wuling Air ev Jelang 1 Tahun di Indonesia

Kompas.com - 13/07/2023, 13:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadir pada 2017 lalu, perusahaan otomotif asal China, Wuling Motors (Wuling) berhasil menelurkan sejumlah produk kendaraan bermotor yang relefan untuk pasar domestik. Satu di antaranya, ialah Wuling Air ev.

Lahir sebagai kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB) mungil pada Agustus 2022, mobil rakitan dalam negeri tersebut berhasil mendapatkan respons positif di tengah keraguan masyarakat untuk melakukan transisi menggunaan kendaraan jenis baru.

Menurut catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada empat bulan pertamanya mobil mampu menguasai 78 persen dari total KBLBB nasional (Januari-Desember 2022).

Baca juga: Pabrikan Motor Retro Custom Asal Inggris Hadir di Indonesia

Wuling Air ev di Jakarta Fair 2023dok Wuling Motors Wuling Air ev di Jakarta Fair 2023

Kala itu, total terdapat 8.053 unit Air ev yang didistribusikan dari pabrik ke diler atau wholesales. Jumlah yang sangat besar bila dibandingkan dengan pesaing terdekat, yaitu Ioniq 5 (1.829 unit).

Hal tersebut tentu tak lepas dari strategi ciamik perseroan dalam merangsang daya beli masyarakat Indonesia. Satu di antaranya, konsumen Air ev bakal mendapatkan pemasangan charging station gratis di rumah.

Hanya saja untuk tahun ini, penjualan Air ev belum maksimal. Sepanjang Januari-Mei 2023, baru 1.434 unit yang berhasil masuk catatan Wuling. Sementara Ioniq 5, mampu mencapai angka penjualan 2.678 unit.

Dengan capaian itu pula, market share atau penguasaan pasar Air EV terhadap total KBLBB nasional turun menjadi 30,8 persen (jumlah penjualan KBLBB 4.646 unit).

Baca juga: Alasan Sleeper Bus Rakitan New Armada Tanpa Spion

Selepas kapal pengangkut kendaraan bersandar di pelabuhan, 50 unit Air ev secara berkelompok diturunkan dan diantarkan ke Wuling Labuan Bajo Pool. Seluruh unit yang didatangkan ke Labuan Bajo ini merupakan Air ev varian Long Range dengan kelir bodi Pristine White. Mobil listrik Wuling ini mampu menempuh jarak hingga 300 km dalam satu kali pengisian baterai penuh sehingga sesuai untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para delegasi nantinyaWuling Selepas kapal pengangkut kendaraan bersandar di pelabuhan, 50 unit Air ev secara berkelompok diturunkan dan diantarkan ke Wuling Labuan Bajo Pool. Seluruh unit yang didatangkan ke Labuan Bajo ini merupakan Air ev varian Long Range dengan kelir bodi Pristine White. Mobil listrik Wuling ini mampu menempuh jarak hingga 300 km dalam satu kali pengisian baterai penuh sehingga sesuai untuk memenuhi kebutuhan mobilitas para delegasi nantinya

Sejumlah faktor menjadi penyebabnya, mulai dari kondisi pasokkan komponen, hari kerja yang sedikit (banyak cuti bersama), sampai pesaing yang bertambah.

Sebab pada tahun ini, tercatat sedikitnya ada 12 model kendaraan listrik murni yang dipasarkan di Indonesia. Dibandingkan dengan tahun lalu, cuma ada 5-6 model saja.

Terlepas dari itu semua, Air ev masih menjadi salah satu pelopor KBLBB atau battery electric vehicle (BEV) di Indonesia. Tidak heran, produk ini menyabet banyak penghargaan dan yang paling baru, Green Product of The Year dari Marketeers.

“Kami mengapresiasi penghargaan Green Product of The Year kepada Air ev. Kami berharap pencapaian gelar ini dapat menjadi motivasi Wuling menghadirkan mobilitas ramah lingkungan bagi konsumen, sejalan dengan semangat ‘Drive For A Green Life’ yang diusung Air ev,” jelas Brian Gomgom selaku Public Relations Manager Wuling Motors, dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, Air ev punya keunggulan dalam hal pengisian daya yang dilakukan di rumah, keamanan baterai yang teruji dan bersertifikasi IP67, rangka yang kokoh, serta dual airbag pada bangku baris pertama untuk memastikan keamanan selama perjalanan.

Wuling juga menyematkan fitur cerdas pada Air ev, seperti Wuling Remote Control App via MyWuling+ serta perintah suara pintar berbahasa Indonesia pertama, Wuling Indonesian Command (WIND).

Baca juga: Bocor Sebelum Meluncur, Intip Interior Hyundai Ioniq 5 N

Seluruh pengemudi yang mengantarkan unit Air ev telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Dalam perjalanan menuju Wuling Labuan Bajo Pool pun barisan Wuling Air ev dikawal oleh pihak berwenang untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama proses pengantaran.

Wuling Seluruh pengemudi yang mengantarkan unit Air ev telah mendapatkan pelatihan sebelumnya. Dalam perjalanan menuju Wuling Labuan Bajo Pool pun barisan Wuling Air ev dikawal oleh pihak berwenang untuk memastikan keselamatan dan keamanan selama proses pengantaran.

Berikut daftar penjualan mobil listrik terlaris di Indonesia Januari-Mei 2023:

1. Hyundai Ioniq 5: 2.678 unit
2. Wuling Air ev: 1.434 unit
3. BMW iX xDrive40: 132 unit
4. Toyota bZ4X: 111 unit
5. Gelora E: 48 unit
6. Nissan Leaf: 45 unit
7. MINI Cooper SE: 37 unit
8. Mercedes EQS 450+: 35 unit
9. Lexus UX300e: 29 unit
10. BMW i400 Gran Coupe: 29 unit
11. KIA EV6: 22 unit
12. Mercedes EQE 350: 18 unit
13. MG ZS EV: 3 unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com