Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Posisi Blind Spot Pengemudi Bus yang Harus Dipahami Semua Orang

Kompas.com - 11/07/2023, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus merupakan kendaraan besar yang punya titik buta atau blind spot super besar. Berbeda dengan mobil kecil, visibilitas pengemudi bus lebih terbatas.

Lalu di mana saja posisi blind spot dari sudut pandang pengemudi bus?

Fariz, pengemudi bus pariwisata Bee Buzz menjelaskan, semua pojokan dari bus sangat terbatas visibilitasnya. Maka bagi pengguna jalan jangan ada di titik tersebut.

Baca juga: Hino Ganti Nama Truk, Tidak Pengaruhi Produk Sasis Bus

All New Tourista.Ghulam/KompasOtomotif All New Tourista.

"Kita ini cuma kebantu sama spion saja, kalau spionnya yang biasa (seperti di mobil) itu enggak kelihatan," kata Fariz kepada awak media di tengah perjalanan menuju Ungaran belum lama ini.

Lalu, kalau bagian samping bus sebenarnya masih kelihatan lewat spion bus. Tapi kalau sudah mulai sedikit ke belakang, maka sudah sulit untuk terlihat.

"Titik setelah ban belakang itu yang enggak kelihatan. Apalagi pas posisi lagi menikung, itu udah enggak kelihatan," kata Fariz.

Baca juga: Cerita Sebenarnya Soal Rossi Akhirnya Pensiun dari MotoGP


Dedy, yang juga jadi pengemudi bus pariwisata Bee Buzz menjelaskan, ada ornamen di bodi belakang yang membantu bus untuk manuver, yakni lampu samping yang posisinya tepat di atas ban belakang.

"Sopir itu patokannya lampu bumper belakang, itu kan nyala. Itu jadi patokan nyenggol apa enggak, soalnya pantatnya bus panjang," kata Dedy.

Biasanya, setiap karoseri pasti memasang lampu belakang yang ada di atas ban belakang. Warnanya yang dipakai kuning, agar terlihat jelas saat malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com