Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicap Produk Pandemi, Laksana Kaget Respons Pasar Bus SR3

Kompas.com - 08/07/2023, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Produk unggulan Karoseri Laksana yakni Legacy SR3 sudah hampir setahun diperkenalkan. Saat itu, Legacy SR3 dibawa Laksana ke GIIAS 2022, ada tiga model, Panorama, Suites Class, dan Suites Combi.

Semenjak peluncuran tersebut, beberapa bodi SR3 yang keluar dari Karoseri Laksana di Ungaran juga cukup banyak. Laksana sendiri bilang kalau respons pasar terhadap bus baru ini sangat positif.

Alvin Arman, Direktur Komersial Laksana mengatakan, saat diperkenalkan kondisi ekonomi lagi sulit karena masih suasana pandemi.

Baca juga: Laksana Mau Tambah Negara Tujuan Ekspor Bus

Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus baru Legacy SR3 buatan Karoseri Laksana

"Kita kaget sih, dari covid memang turun banyak (pesanan bus). Tau-tau kita pas luncurkan SR3, market lagi booming, jadi ini kita lagi kejar-kejaran terus," kata Alvin di Karoseri Laksana, Kamis (6/7/2023).

Alvin menjelaskan, saat bus tersebut diluncurkan, bukan cuma masalah pandemi yang belum usai, tapi ada kelangkaan sasis. Saat itu ada perubahan regulasi, di mana sasis bus mesin diesel harus lolos standar emisi Euro4.

"Cuma ya dengan semua permasalahan itu ternyata lonjakan di luar dugaan kita," kata Alvin.

Baca juga: Mencuci Mobil dengan Cara Ini Bisa Bikin AC Tidak Dingin


Pada saat perkenalan bodi SR3, Laksana membawa model single glass. Memang, semenjak beberapa tahun terakhir, permintaan bus model single glass kembali naik.

"Mulai pergeseran, dulu 100 persen double glass, sekarang paling enggak sudah 50 persen, 50-50 (double dan single glass)," kata Alvin.

Secara fungsi, model bus dengan single glass memang memanjakan penumpang yang naik bus. Sedangkan double glass, bagian bando atau pemisah kaca atas dan bawah kerap menghalangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com