Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Paten Calon Motor Listrik Electrum Bocor

Kompas.com - 07/07/2023, 17:01 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Energi Kreasi Bersama (Electrum) perusahaan otomotif hasil joint venture antara PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. diketahui sedang menyiapkan motor listrik terbaru.

Berdasarkan kabar terkini, motor ini tampaknya bakal segera masuk jalur diproduksi karena gambar patennya sudah muncul ke publik.

Dilansir dari dokumen Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham No. 26/DI/2023 edisi Juni 2023, tampak sebuah gambar paten motor listrik.

Baca juga: Saat Toyota Kijang Lawas Menolak Tua dengan Gaya Kartun

Motor listrik Electrum ditargetkan meluncur akhir 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Electrum ditargetkan meluncur akhir 2023

Electrum rupanya telah mendaftarkan desain motor tersebut pada 19 Juni 2023 dengan Nomor Permohonan DI : A00202302429 dan pemohon industri bernama PT Energi Kreasi Bersama.

Perusahaan pemohon gambar paten ini diketahui beralamat di Treasury Tower Lantai 33, District 8, SCBD Lot 28, Jalan Jenderal Sudirman Kaveling 52-53 Indonesia.

Sementara itu, motor ini kabarnya dirancang oleh desainer lokal asal Indonesia bernama Muhammad Rayhan Arifinsyah.

Baca juga: Manager Ducati Tak Percaya Honda Bakal Tinggalkan MotoGP

Melihat tampilannya, motor listrik ini mirip dengan prototipe yang sempat redaksi Kompas.com temui pada groundbreaking pabrik Electrum yang berlokasi di Cikarang Jawa Barat.

Munculnya gambar paten ini menjadi indikasi bahwa Electrum bakal memasarkan motor listrik yang berbeda, dengan model yang selama ini dipakai sebagai armada Gojek.

Managing Director Electrum Patrick Adhiatmaja, mengatakan, sebelum melakukan produksi lokal, perusahaan bakal melakukan impor sebanyak 3.000 unit-5.000 unit untuk peluncuran pertama pada tahun ini.

Baca juga: Honda Segarkan Motor Klasik GB350, Harga mulai Rp 59 Jutaan

Motor Listrik Electrum.KOMPAS.com/Rully Ramli Motor Listrik Electrum.

“Jadi kita akan mulai dengan produk CBU, kita akan luncurkan kurang lebih sebelum akhir tahun ini. Tahun depan mudah-mudahan barangnya sudah di sini,” ujar Patrick kepada wartawan (23/6/2023).

Sebagai informasi, pabrik Electrum akan dibangun di lahan seluas 3 hektare. Kapasitas produksinya ditarget mencapai 250.000 unit per line pada tahap awal.

Pabrik tersebut juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, dan trek pengujian.

Perihal baterai, kabarnya motor listrik Electrum masih bakal mengusung produk dari Korea Selatan. Meski begitu, nantinya perusahaan bakal menggunakan baterai produksi lokal dari Indonesia Battery Corporation (IBC).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com