Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Meningkat, Perusahaan Pembiayaan Ini Bagikan Dividen

Kompas.com - 23/06/2023, 18:15 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Clipan Finance Indonesia Tbk sukses yang merupakan perusahaan pembiayaan di sektor otomotif, menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Luar Biasa (RUPS LB) pada Kamis, 22 Juni 2023, di Gedung PaninBank, Senayan, Jakarta Selatan.

Salah satu hasil keputusan dalam RUPST tersebut adalah persetujuan pemegang saham untuk
membagikan dividen tunai sebesar Rp 389,45 miliar atau Rp 100,- per lembar saham.

Jumlah dividen tunai yang dibagikan tersebut setara dengan lebih dari 100 persen dari laba bersih pada 2022. Selain pembahasan dividen, rapat juga menyetujui pengangkatan kembali jajaran Direksi Perseroan sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan.

Clipan Finance berhasil menutup tahun 2022 dengan kinerja yang sangat baik dengan pertumbuhan laba hingga 571,02 persen dan pembiayaan lebih dari 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Manajemen optimis akan mencapai target yang telah ditetapkan di tahun 2023 mengingat pertumbuhan year to date (ytd) Mei 2023 dibanding ytd Mei 2022 di atas pertumbuhan multifinance saat ini.

Direktur Utama Perseroan, Harjanto Tjitohardjojo mengatakan usulan pembagian dividen ini merupakan tindak lanjut aspirasi para pemegang saham.

Dengan pembagian dividen ini, perseroan berharap pemegang saham dapat merasakan manfaat atas kepemilikannya, serta mengisyaratkan saham Clipan Finance memiliki potensi kuat untuk terus tumbuh berkelanjutan di masa yang akan datang.

"Tentunya didukung oleh kinerja keuangan yang memadai, kecukupan atas tata kelola Perusahaan yang Baik, serta sumber daya manusia yang unggul," ujar Harjanto dalam siaran resmi, Jumat (23/6/2023).

Harjanto mengatakan, untuk jadwal pembagian dividen tunai akan diumumkan bersamaan dengan ringkasan risalah Rapat di situs web Bursa Efek Indonesia, Kustodian Sentral Efek Indonesia, dan situs web Perseroan pada Senin, 26 Juni 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com