Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enea Bastianini Masih Kesulitan Bawa Motor Tim Pabrikan Ducati

Kompas.com - 04/07/2023, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Italia Enea Bastianini tampaknya agak menyesal dengan kepindahan dirinya, dari tim satelit Gresini Racing ke tim pabrikan Ducati Lenovo Team pada MotoGP 2023.

Bastianini mengatakan, membela tim pabrikan ternyata tak seindah yang dibayangkan. Sejak awal, The Beast merasa tekanan sebagai pebalap tim pabrikan memang terasa sangat berat.

Saat ini, pebalap bernomor 23 ini mengalami kesulitan memahami motor baru Ducati. Insiden dengan Luca Marini di Sirkuit Portimao membuat posisinya semakin sulit.

Baca juga: Motor Listrik Honda U-GO Dijual Rp 16 Jutaan

Enea Bastianini kecelakaan di sprint race MotoGP Portugal 2023Foto: Everything Moto Racing Enea Bastianini kecelakaan di sprint race MotoGP Portugal 2023

Cedera panjang karena crash itu membuat adaptasi sebagai rekan Pecco Bagnaia menjadi lebih berat.

"Aku masih harus menemukan formula ajaib untuk motor ini," ujar Bastianini, dilansir dari Motorsport-Total.com (3/7/2023).

"Gaya balapku belum tepat. Kuperlu sedikit lebih banyak waktu untuk memahami motor ini, sampai bisa sesuai dengan gaya berkendaraku," kata dia.

Baca juga: Video Viral Kecelakaan di Jalan Tol Layang MBZ, Hampir Keluar Pembatas

Menurutnya, perbedaan terbesar dari motor Ducati terbaru terletak dari karakter mesin yang masih sulit ia kuasai.

"Respons gas berbeda. Engine brake juga sangat berbeda. Saat pengereman, yang biasanya jadi kekuatanku, aku malah jadi kalah di area ini," ucap Bastianini.

Mantan pebalap tim Gresini Racing ini menyadari bahwa ternyata tidak mudah untuk menjadi pembalap tim pabrikan.

Baca juga: Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil Marak Lagi, Begini Cara Antisipasinya

Enea Bastianini menjajal motor Ducati Panigale di Sirkuit Mugello, Italia. Foto: Twitter Enea Bastianini Enea Bastianini menjajal motor Ducati Panigale di Sirkuit Mugello, Italia.

Ketimbang memikirkan persaingan dengan Bagnaia, yang jadi pebalap Ducati tersukses musim ini, Bastianini harus bisa menaklukkan masalahnya dengan Desmosedici GP23.

"Saat ini masih ada waktu, tetapi pertama-tama aku harus memahami di area mana kita harus bekerja. Aku butuh waktu," kata Bastianini.

"Setelah liburan musim panas, aku harus berusaha finis di lima besar jika memungkinkan. Bagaimanapun, aku balapan di tim pabrikan karena aku pebalap yang cepat. Jadi tentu saja, aku juga harus cepat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com