Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Minta Maaf Tabrak Bastianini di MotoGP Belanda

Kompas.com - 25/06/2023, 07:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

ASSEN, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez, meminta maaf kepada Enea Bastianini setelah menabrak bagian belakang pebalap tim pabrikan Ducati tersebut saat kualifikasi pertama (Q1) di MotoGP Belanda, di Sirkuit Assen.

“Tentu saja (itu kesalahan saya). Maksud saya, seperti di jalan saja, (siapa) yang (menabrak yang lain) dari belakang adalah yang membuat kesalahan, bukan?," ujar Marquez dilansir dari Crash.net, Sabtu (24/6/2023).

Baca juga: Sirkuit Mandalika Gelar Fun Run Difabel

“Hari ini saya sangat santai sepanjang hari, tidak berusaha tampil menekan lebih dari apa yang saya rasakan. Tetapi di Spanyol, kami memiliki pepatah 'tidak pernah hujan tetapi gerimis'," kata Marquez.

“Saya sudah mengalami situasi itu 100 atau 1.000 kali, tapi kali ini ketika saya melihat ke belakang agar tidak mengganggu pebalap lain, Enea menutup gas dan saya tidak melihat," ujar Marquez.

Marquez dan Bastianini bertabrakan saat sesi Q1 tinggal menyisakan 3 menit. Keduanya mengalami waktu yang kurang baik, Marquez cuma duduk di posisi ke-17 dan Bastianini ke-18.

Awalnya, Marquez tepat berada di belakang Bastianini, berharap adanya towing seperti kebiasaannya di musim 2023. Tapi Bastianini yang sedang dibuntuti merasa kurang stabil saat melewati beberapa tikungan.

Bastianini awalnya kehilangan posisi di tikungan 1. Berharap ingin mendapatkan trek yang kosong, Bastianini keluar dari racing line, sambil menengok ke arah belakang.

Baca juga: Ban Dalam Motor Ternyata Masih Dicari, Kerap Jadi Akal-akalan

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat tampil pada sesi latihan pertama MotoGP Perancis 2023 di Sirkuit Le Mans, Jumat (12/5/2023) sore WIB.

Marquez melakukan hal yang sama, tetapi saat pebalap Repsol Honda itu juga menoleh ke belakang, Bastianini melambat dan Marquez malah menabrak.

Marc yang menabrak langsung jatuh dan masuk ke gravel. Sedangkan Bastianini alami kerusakan di bagian belakang motornya dan tetap bisa kembali ke pit.

Sayangnya, kedua pebalap tidak bisa memperbaiki catatan waktunya. Marc akan memulai balapan dari grid ke-17 dan Bastianini ke-18.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com