Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Pebalap MotoGP yang Cedera Serius di Musim 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Paruh pertama MotoGP 2023 sudah dilewati, meski sebagian besar mengalami cedera serius. Cedera yang dialami bahkan sampai memaksa pebalap untuk absen atau menjalani operasi.

Enea Bastianini

Tulang belikat yang patah tidak memerlukan operasi. Namun, kecelakaan tersebut telah merusak musim Bastianini sejauh ini. Bastianini juga batal tampil di Spanyol setelah rasa sakit yang dirasakannya saat sesi latihan bebas terlalu berat untuk diatasi.

Akibat dari cedera tersebut, dia absen pada empat seri. Bastianini juga terhitung baru dua kali menyelesaikan main race pada hari Minggu.

Pol Espargaro

Pol Espargaro mengalami patah rahang, cedera punggung, dan masalah paru-paru. Rahangnya retak di dua tempat dan tidak bisa digerakkan selama empat minggu, hingga membuatnya tidak bisa makan.

"Saya mengalami delapan patah tulang di tubuh saya, dua di tulang rusuk, satu di leher, dan tiga di punggung," ujar Pol, dikutip dari Crash.net, Senin (3/7/2023).

Pol pun kehilangan berat badan cukup drastis selama dirinya cedera.

Marc Marquez

Tabrakan dengan Miguel Oliveira mengakibatkan ibu jari tangan kanannya patah. Sehingga, harus dipasang sekrup untuk menyembuhkannya, dan menyebabkan dia absen pada tiga seri.

Sejumlah kecelakaan yang dialaminya tidak membahayakan hingga akhir pekan yang buruk MotoGP Jerman, di mana dia terjatuh lima kali dan terpaksa mengundurkan diri dari balapan karena mengalami patah tulang pada jarinya. Selain itu, Marquez juga merasakan efek dari beberapa memar setelah akhir pekan yang berat.

Sepekan kemudian, dia memperparah cedera-cedera tersebut pada MotoGP Belanda di Assen, dan kembali mengundurkan diri dari balapan hari Minggu. Dia juga mengalami retak pada tulang rusuk.

Miguel Oliveira

Oliveira lolos dari cedera parah saat Marquez menabraknya di MotoGP Portugal. Namun, dia mengalami cedera kaki dan harus absen di satu seri.

Dia kemudian mengalami dislokasi dan patah tulang bahu, serta kerusakan ligamen, saat dia terjatuh dengan Fabio Quartararo pada MotoGP Spanyol di Jerez.

Joan Mir

Sebelumnya, dia absen di MotoGP Argentina setelah terjatuh sehari sebelumnya dalam sprint race. Mir terhindar dari cedera pergelangan kaki yang serius. Tapi, ketidaknyamanan dan rasa sakit yang signifikan setelah benturan keras memaksanya untuk absen di seri tersebut.

Alex Rins

Dokter menjelaskan, Rins pun harus menjalani dua kali operasi untuk tibia dan fibula yang diimobilisasi dengan fiksator eksternal.

Rins telah melewatkan dua seri dan harus berpacu dengan waktu untuk bisa fit di MotoGP Inggris di Silverstone pada 6 Agustus.

Fabio Quartararo

Meski tidak sampai melakukan operasi, tapi Quartararo membutuhkan obat penghilang rasa sakit untuk menjalani akhir pekan di Assen.

Francesco Bagnaia

Alex Marquez

"Kaki saya terjepit di antara kedua motor," ujar Marquez, meski hal tersebut tidak membuatnya melewatkan satu putaran pun.

Keracunan makanan juga menyebabkan Marquez muntah saat tengah mengenakan helm dan saat berada di atas motornya di Texas.

Kemudian, kecelakaan dengan Luca Marini di Le Mans juga menjadi momen yang menakutkan bagi Alex. Tapi, dia beruntung bisa kembali lolos tanpa cedera.

Fabio Di Giannantonio

"Setiap tahun kami mengeluh tentang kerikil karena mereka seperti batu yang sangat besar dan ketika Anda menabraknya, itu lebih menyakitkan daripada ketika Anda menabrak aspal," kata Di Giannantonio.

MotoGP 2023 masih tersisa 12 seri lagi. Artinya, masih ada 24 balapan lagi, termasuk sprint race.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/03/150100415/daftar-pebalap-motogp-yang-cedera-serius-di-musim-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke