Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha 2023, Ada Rekayasa Lalu Lintas di Tol Japek

Kompas.com - 29/06/2023, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023 pada 28-30 Juni 2023, Korlantas Polri menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas di beberapa ruas jalan yang berpotensi terjadi kepadatan.

Pasalnya, dikatakan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, selama periode tersebut bakal ada peningkatan arus, baik mengarah ke Barat (Sumatera), Timur (Jawa), maupun Selatan (Bogor dan Bandung).

“Sesuai prediksi Jasa Marga, Kementerian Perhubungan ada peningkatan. Dengan prediksi tersebut Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder sudah menyiapkan beberapa alternatif rekayasa lalu lintas," kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (28/6/2023).

Baca juga: 45.806 Kendaraan Sudah Keluar Jabodetabek Lewat GT Cikampek Utama

Pantauan lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama. Simak daftar tarif Tol Trans Jawa terbaru 2023 untuk kendaraan golongan I.DOK. JASA MARGA Pantauan lalu lintas di Gerbang Tol Cikampek Utama. Simak daftar tarif Tol Trans Jawa terbaru 2023 untuk kendaraan golongan I.

"Di (tol) Jakarta-Cikampek sendiri, apabila nanti arus lalu lintas PCR rasio sudah mendekati 0,8 akan dilakukan rekayasa lalu lintas Contra Flow satu lajur, dua lajur,” kata dia.

Rekayasa sejenis juga bakal diterapkan di beberapa tempat wisata sesuai penilaian petugas kepolisian setempat dengan berkoordinasi beberapa stakeholder dan jajaran.

“Petugas Kepolisian sudah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan pada saat terjadi kepadatan di jalur-jalur wisata ini, bisa pengalihan arus kemudian bisa Contra Flow atau One Way menuju tempat wisata,” ucap Aan.

Selain memperlancar arus yang melintas di tol, jalur arteri juga akan dilakukan pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas, yang sudah berjalan sejak 27 Juni 2023, dengan waktu yang sudah di tentukan.

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Catat Cara Cek Lokasi SPBU Terdekat via Ponsel

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.ITV.com/PA Ilustrasi lalu lintas kendaraan di London, Inggris.

“Pembatasan terutama angkutan barang sumbu 3 ke atas pada tanggal 27 kemarin mulai jam 04.00 WIB sampai jam 00.00 WIB. Lalu hari ini, mulai pukul 00.00 WIB itu kita batasi untuk sumbu 3 ke atas kemudian pada saat kembali nanti pada tanggal 2 Juni 2023," katanya.

"Jadi di hari Minggu juga akan melakukan pembatasan sumbu 3 ke atas di ruas jalan tertentu untuk kelancaran arus lalu lintas pada saat cuti bersama di Idul Adha tahun 2023,” lanjut Aan.

Berdasarkan pantauan CCTV di NTMC Polri dan Jasa Marga mulai terjadi peningkatan arus sejak pukul 06.00 WIB yang memasuki antrian di jalur MBZ namun masih dalam kategori ramai lancar.

Baca juga: Urus SIM Hilang Harus Pakai Fotokopi SIM? Ini Jawaban Polisi

Peningkatan arus mulai terjadi pada jam 06.00 WIB di mana terjadi antrian di jalan tol layang MBZ memasuki arah MBZ namun masih dalam kategori ramai lancar.

"Aartinya belum memberlakukan rekayasa lalu lintas terutama di Jakarta Cikampek,” ucap dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com