Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Alasan Sopir Blue Bird Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin

Kompas.com - 28/06/2023, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menggoyang-goyangkan mobil saat isi bensin masih sering dilakukan oleh beberapa orang. Padahal dari pakar ilmu pengetahuan sampai Kepala SPBU menyebut trik tersebut tidak ada gunanya.

Trik mengoyang-goyangkan mobil saat isi bensin bertujuan agar bensin turun dan mengisi semua bagian dalam tangki. Padahal sebagai zat cair selama ada gravitasi pasti turun dan mengisi bagian tempat atau wadahnya.

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Volume Kendaraan Tol Cipali Diprediksi Naik

Beda dengan akun TikTok Kang Blue Bird, dalam video yang diunggahnya, dia mengatakan sebetulnya ada pengaruhnya mengoyang-goyangkan mobil saat isi bensin terutama jika bensin isi penuh dan sudah mendekati bibir tangki.

@kang_bluebird #stitch dengan @Tikiwiw ? suara asli - costumerojol

"Jadi gini ya bag kenapa digoyang-goyang ini aku kasih tahu aja, dan kebetulan aku juga sopir Blue Bird driver nanti akan aku setelah giliran ku, supaya teman-teman gak penasaran," buka video tersebut dikutip Rabu (28/6/2023).

"Tuh teman-teman lihat itu sudah mau full, nah nanti ini di kocok-kocok sebentar di goyang-goyangin itu nanti bakal turun lagi. Bener gak bang? tuh teman-teman ya turun lagi kan, bensin yang tadinya full itu," kata dia.

Kompas.com sudah meminta pernyataan dari managemen Blue Bird mengenai video tersebut namun sampai Rabu siang (28/6/2023) atau berita diturunkan belum mendapat balasan.

Baca juga: Suzuki Perpanjang Masa Garansi Baterai Litium Produk Hybrid

Penampakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kodam Bintaro 34-12304 di Jalan Bintaro Permai Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023) KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Penampakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kodam Bintaro 34-12304 di Jalan Bintaro Permai Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (16/3/2023)

Sebelumnya Dosen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Jayan Sentanuhady menjelaskan, menggoyangkan kendaraan saat mengisi BBM tidak memiliki pengaruh apa pun.

"Mobil tua atau mobil baru sama saja. Tidak perlu digoyang-goyang, akan penuh sendiri," ujar Jayan saat dihubungi Kompas.com, pada awal Januari lalu.

Jayan mengatakan, masyarakat kerap menganggap menggoyang-goyang kendaraan akan mencegah udara terjebak dalam tangki. Padahal, sifat bahan bakar yang cair akan memudahkannya mengisi bagian-bagian terjauh dan tersempit.

Baca juga: Face Recognition Diklaim Bisa Bantu Masyarakat Bikin SIM

Petugas SPBU Coco MT Haryono di Balikpapan gunakan pakaian adat Dayak saat melayani pengendara yang mengisi BBMKOMPAS.COM/Ahmad Riyadi Petugas SPBU Coco MT Haryono di Balikpapan gunakan pakaian adat Dayak saat melayani pengendara yang mengisi BBM

Densitas atau massa jenis bahan bakar, jauh di atas densitas udara. Oleh karena itu, dengan sendirinya bahan bakar akan berada di posisi paling bawah.

"Udara dengan sendirinya akan naik dan keluar dari tangki," kata dia.

Dengan demikian, menurut Jayan, tak akan ada udara yang terjebak di dalam tangki mobil maupun motor.

Menggoyangkan kendaraan saat isi BBM Bukan memberikan manfaat, Jayan mengatakan bahwa mengisi BBM sembari menggoyangkan kendaraan justru berbahaya.

Baca juga: Motor Kolaborasi Triumph dan Bajaj Resmi Meluncur

Taksi Blue Bird.Dok. Shutterstock Taksi Blue Bird.

"Sangat berbahaya sekali," tutur Jayan.

Jayan menjelaskan, nozzle pengisi bahan bakar yang masuk ke mulut tangki akan bergesekan dengan dinding mulut tangki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com