Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha, 1 Juta Lebih Kendaraan Diprediksi Keluar Jabotabek

Kompas.com - 27/06/2023, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) memprediksi sebanyak 1.065.952 kendaraan bakal meninggalkan Jabotabek selama libur panjang Idul Adha yang berlangsung mulai 27 Juni 2023 hingga 3 Juli 2023.

Jumlah tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yakni Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama dan Kalihurip Utama.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, prediksi puncak arus keluar Jabotabek jatuh pada H-1 Idul Adha, atau Rabu (28/06/2023).

Jumlah lalu lintas pada tanggal tersebut diprediksi akan mencapai 181.000 kendaraan, naik 37 persen dibandingkan lalu lintas normal yang sebanyak 132.000 kendaraan.

Baca juga: Cek Jadwal dan Lokasi Pembatasan Truk Saat Libur Idul Adha 2023

GT Cikampek Utama 1.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk GT Cikampek Utama 1.

"Sementara itu, untuk jumlah kendaraan masuk ke wilayah Jabotabek pada periode tujuh hari libur Idul Adha di empat GT utama yang sama, kami memprediksi sebanyak 1.067.140 kendaraan," kata Lisye dalam keterangan resminya, Senin (26/6/2023).

Lebih lanjut Lisye menjelaskan, prediksi puncak arus balik libur Idul Adha akan terjadi pada H+3 atau Minggu (2/7/2023) dengan lalu lintas mencapai 192.000 kendaraan, naik 13,8 persen dari normal.

Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan volume kendaraan, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa strategi dan usulan rekasaya lalu lintas.

Salah satunya adalah usulan pembatasan angkutan barang, baik pada periode kendaraan keluar maupun masuk kembali ke wilayah Jabotabek.

"Dalam mengusulkan pembatasan angkutan barang tersebut, Jasa Marga melihat data historis lalu lintas per jam pada traffic counting di Km 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan di Km 63 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," ucap Lisye.

Dengan mempertimbangkan data tersebut, Lisye mengatakan, tren volume lalu lintas libur Idul Adha diprediksi mendekati tren volume lalu lintas saat libur Nyepi yang cenderung meningkat di sore sampai malam hari, terutama pada waktu yang diprediksi menjadi puncak arus keluar dan masuk Jabotabek.

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Polda Metro Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Antrean panjang kendaraan mulai terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) 2, Selasa (25/3/2023) sore.Dok. Komunitas Drone Antrean panjang kendaraan mulai terjadi di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) 2, Selasa (25/3/2023) sore.

Untuk mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi, Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi kepolisian, seperti contraflow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung.

Selain itu, sejumlah upaya untuk meningkatkan layanan baik di sepanjang jalur maupun di gerbang tol, seperti penambahan sarana, peralatan, petugas lapangan, dan penerapan teknologi dalam melayani pengguna jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com