Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Viral, Video Sopir Bus Bilang Pilih Hilangkan Nyawa Penumpang Mobil Kecil | Libur Idul Adha 2023, Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Mulai Besok

Kompas.com - 27/06/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial dibuat heboh dengan sebuah cuplikan video seorang sopir bus yang mengatakan kalimat seolah membahayakan pengendara lain di jalan.

Pada video berdurasi 12 detik tersebut, sopir bus mengatakan, lebih baik menghilangkan satu nyawa mobil penumpang daripada nyawa penumpang yang ada di dalam bus.

Video yang diunggah oleh akun Tiktok @revandz73 dinarasikan bahwa sopir bus berkata demikian usai ditegur lantaran telah berkendara terlalu mepet dengan mobil pribadi. Hanya saja, tidak disebutkan lokasi dan kapan kejadian tersebut terjadi.

Selain itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tidak memberlakukan pembatasan atas mobilitas kendaraan bermotor roda empat atau lebih pribadi melalui skema ganjil genap (Gage) selama periode cuti bersama Idul Adha 2023

. Keputuusan ini dilakukan seiring penetapan libur Idul Adha oleh pemerintah RI, mulai besok, Selasa (27/6/2023) sampai Jumat (30/6/2023).

Sehingga rekayasa lalu lintas berupa ganjil genap tidak diterapkan kecuali ada distrubsi kepolisian setempat di beberapa titik tertentu.

“Pokoknya libur nasional memang tidak ada Gage. Kita ikuti sesuai ketentuan,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dilansir NTMC Polri, Minggu (25/6/2023).

Baca juga: Tips Membeli Kijang Kapsul Bekas Berkualitas, Periksa 2 Bagian Ini

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 26 Juni 2023 :

1. Viral, Video Sopir Bus Bilang Pilih Hilangkan Nyawa Penumpang Mobil Kecil

Sontak video viral itu menimbulkan berbagai tanggapan dari pengguna media sosial lantaran sopir seolah ingin menghilangkan nyawa penumpang yang ada di mobil.

Terkait video tersebut, Cak Ikin, salah satu sopir bus AKAP dari PO Efisiensi, mengatakan, dirinya tidak bisa banyak berkomentar lantaran tidak mengetahui secara pasti bagaimana kronologi lengkap dari kejadian tersebut.

Apalagi, menjalani profesi menjadi sopir bus bukanlah hal yang mudah lantaran harus mengambil beberapa keputusan untuk menyelamatkan banyak nyawa.

Baca juga: Viral, Video Sopir Bus Bilang Pilih Hilangkan Nyawa Penumpang Mobil Kecil

2. Libur Idul Adha 2023, Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Mulai Besok

Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suasana lalu lintas di ruas Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (17/5/2021). Pada hari pertama kerja usai libur Lebaran, lalu lintas Jakarta kembali padat.

“Cuti bersama kan libur nasional yang ditentukan oleh pemerintah. Lima hari berturut-turut (27 Juni 2023 sampai 2 Juli 2023),” tambah dia.

Sebelumnya, Pemerintah telah menetapkan 28 dan 30 Juni 2023 menjadi cuti bersama Idul Adha 1444 H. Sementara libur hari raya Kurban atau 10 Zulhijah 1444 H, jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Baca juga: Libur Idul Adha 2023, Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Mulai Besok

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com