Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Desain Motor Listrik Royal Enfield

Kompas.com - 24/06/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan motor global saat ini mulai membuat motor listrik yang siap dijual ke pasaran. Salah satu merek yang sedang menyiapkan motor listriknya adalah Royal Enfield.

Sebenarnya, Royal Enfield sudah berencana meluncurkan motor listrik tersebut dalam waktu dekat. Namun, ada pandemi yang membuat prosesnya tertunda, dan baru akan meluncur di 2025.

Dikutip dari Rushlane, motor listrik Royal Enfield punya basis yang baru. Jadi motor listrik ini menjadi hal yang baru, karena dibangun dari nol.

Baca juga: Royal Enfield Classic 650 Sedang Dites, Ujung Knalpot Ada 2

Render motor listrik Royal EnfieldRUSHLANE/PRATYUSH ROUT Render motor listrik Royal Enfield

Memang, proses motor listrik dari Royal Enfield sampai saat ini belum kelihatan, prototipenya atau masih di meja desain. Tapi disebut, motor listrik ini sudah diuji coba di beberapa negara.

Cuma memang sudah ada bocoran prototipe motor listrik Royal Enfield Electrik 01 Concept yang tertangkap kamera. Cuma dari potongan gambar tersebut, dibuat render oleh Pratyush Rout, dengan berbagai pilihan warna.

Untuk render, detail bodinya beberapa diganti, mengambil inspirasi dari motor Royal Enfield yang laku, yakni Classic 350. Ada komponen yang menggambarkan retro, seperti lampu depan dan spion bulat, serta tangki model teardrop.

Baca juga: Ini Kebiasaan yang Bikin Pendek Usia Transmisi Mobil Matik

Motor listrik ini walau tidak memakai BBM, tangki tadi bisa difungsikan sebagai tempat penyimpanan. Jadi gaya klasik dapat, kepraktisan motor listrik juga bisa diakomodir dengan adanya tangki.

Uniknya, pada bagian suspensi depan dipasang detail kaki-kaki yang unik, seperti motor jadul. Sedangkan di bagian baterai ditutup dengan panel yang rapi, cuma dibagi-bagi jadi lebih kekar, tidak polos.

Sedangkan ada bodi berbentuk segitiga di bawah jok, bentuknya pun familiar, ada di beberapa motor Royal Enfield.

Tema warnanya ada bagian yang kontras, memperjelas desain bodi motor dari jauh. Jadi terlihat ada tarikan garis dari bawah jok, memutari tangki, sampai ke bagian bawah yang bentuknya seperti knalpot.

Soal performa, kabarnya motor listrik Royal Enfield ini punya kemampuan yang setara motor konvensional 350cc. Jarak tempuhnya diperkirakan sekitar 100 Km sampai 150 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com