Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujud Royal Enfield Himalayan 450, Mesin Baru dengan Lonjakan Tenaga

Kompas.com - 20/06/2023, 15:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield punya rencana meluncurkan banyak motor baru tahun ini. Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah Himalayan 450, motor adventure andalan pabrikan Inggris dan India ini.

Bisa dilihat dari namanya, Himalayan 450 punya mesin yang lebih besar. Sebelumnya, Himalayan memakai jantung pacu satu silinder 411cc, sedangkan yang baru diperkirakan naik jadi 450cc berpendingin cairan.

Dikutip dari Motorcyclenews, Himalayan 450 versi mendekati produksi tertangkap kamera di dekat markas Royal Enfield di Inggris. Banyak komponen yang dipasang, seperti logo Royal Enfield, sampai bagian lain seperti spion.

Baca juga: Siap-siap Ada Cruiser dari TVS, Mau Lawan Royal Enfield

Royal Enfield Himalayan 450motorcyclenews.com Royal Enfield Himalayan 450

Kemudian, mesin baru 450cc diperkirakan menghasilkan tenaga sekitar 40 TK. Peningkatan tenaga ini cukup signifikan daripada Himalayan sebelumnya yang cuma menghasilkan 24 TK.

Berdasarkan sumber, mesin 450cc baru akan dilengkapi dengan DOHC dan berpendingin cairan. Kemungkinan, motor baru ini akan diperkenalkan di September dan dijual bersama dengan Himalayan yang saat ini, jadi tidak menggantikan.

Soal desain, Himalayan 450 punya sentuhan detail yang baru. Misal lampunya bulat dan sudah LED, sedangkan di atasnya ada visor yang cukup rendah, seperti umumnya motor petualang.

Baca juga: Keren, Ahmad Dhani Tepergok Bawa Jimny Sierra Hitam


Kemudian, bocoran fitur lain adalah penggunaan layar full TFT dengan berbagai informasi. Secara kaki-kaki, roda depan pakai ukuran 21 inci, sedangkan belakang 18 inci dan memakai pelek jari-jari.

Mari kita tunggu akan seperti apa nantinya Himalayan 450. Tentu ada juga kemungkinan motor lain berbasis Himalayan yang ikut meluncur, yakni Scram 450.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com