Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Sensasi Berkendara Lexus RX Terbaru dengan Racikan Mesin Kombo

Kompas.com - 22/06/2023, 15:23 WIB
Aris F Harvenda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Usai diresmikan pada Jakarta Auto Week pada Maret 2023, Lexus Indonesia memberi kesempatan kepada media pada 20/6/2023 lalu, untuk mencoba jajaran produk terbaru, salah satunya RX 500h F Sport+.

Sebagai varian tertinggi (flagship) dari keluarga RX, versi 500h F Sport+ tentunya memberikan banyak kelebihan, terutama perihal asupan tenaga. Betapa tidak, tipe ini didapuk sebagai varian paling bertenaga yang menyandang emblem F Sport pada fender depan.

Baca juga: All New Lexus RX Meluncur di Indonesia, Punya 3 Model

SUV berbobot 2 ton lebih 95 kg ini dibekali sumber daya kombo, yakni mesin konvensional 2.4L yang dilengkapi turbo plus juga 2 motor listrik yang dipasang di bagian depan dan belakang. Kolaborasi 3 sumber tenaga tersebut mampu menghembuskan daya 366 tk.

Jelas, sensasi yang dihasilkan mampu membuat daya dorong tubuh (G force) saat akselerasi cukup terasa. Ada hal lain yang membuat adrenalin makin meningkat saat akselerasi yaitu dengan ditambahkannya artifisial suara mesin di kabin.

Gaya dorong atau torsi yang dihasilkan seolah tak pernah putus kendati digeber dari rpm rendah. Hal tersebut merupakan hasil kolaborasi apik dari motor listrik dan turbo.

Lexus RX 500h F Sport+ bermanuver di tikungan sirkuit Formula E, Ancol, JakartaKompas.com - Aris Harvenda Lexus RX 500h F Sport+ bermanuver di tikungan sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta

Torsi besar saat rpm bawah diproduksi oleh 2 unit motor listrik. Saat kinerja motor listrik memasuki tahap maksimal, tongkat estafet dilanjutkan oleh turbo yang menyambut tanpa jeda atau kerap disebut turbo lag pada rentang rpm rendah hingga tengah.

Saat memasuki zona rpm tinggi, asupan tenaga dilanjut oleh mesin sesuai dengan katakter kubikasi besar di atas 2.000 cc. Jadi untuk mencapai kecepatan 160 kpj di lintasan sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta.

Paling nikmat saat mencoba di sirkuit adalah ketika keluar dari tikungan usai bermanuver. Mobil dapat dipacu spontan untuk kembali berakselerasi sesuai keinginan pengemudi. Limpahan torsi dan tenaga cukup membuat adrenalin kian terpacu.

Kelihaian manuver Lexus RX 500h F Sport+ ditunjang dengan fitur four wheel steeringKompas.com - Aris Harvenda Kelihaian manuver Lexus RX 500h F Sport+ ditunjang dengan fitur four wheel steering

4 Wheel steering

Stabilitas yang baik saat manuver untuk SUV seharga Rp 1,961 miliar ini, selain penggunaan suspensi yang mumpuni juga ditunjang dengan adanya kelengkapan 4 wheel steering. Fitur tersebut membuat ban belakang bisa ikut belok sesuai arahan stir dengan sudut maksimal 4 derajat.

Kondisi tersebut, selain membuat radius putar jadi lebih kecil, ternyata punya andil yang cukup signifikan saat melakukan manuver di tikungan tajam yang menyerupai huruf V. Efek paling terasa adalah minimnya koreksi saat melintas di tikungan berkarakter tajam dan speed cornering.

Performa Lexus RX 500h F Sport+ disumbang oleh mesin konvensional 2.4L yang dilengkapi turbo dan juga motor listrikKompas.com - Aris Harvenda Performa Lexus RX 500h F Sport+ disumbang oleh mesin konvensional 2.4L yang dilengkapi turbo dan juga motor listrik

All wheel drive

Efek stabilitas dan kenyamanan RX 500h F Sport+ ini ditunjang juga dengan distribusi daya cengkram yang pintar untuk bisa dikonsumsi di roda depan atau belakang.

Traksi akan disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, bisa jadi pada kondisi tertentu distribusi daya cengkram bisa 70 persen depan 30 persen belakang. Bisa juga menjadi 60 - 40. Bahkan saat berakselerasi roda belakang mendapat porsi yang lebih besar seperti 30 - 70.

Secara garis besar, bagi petrol head, varian ini sangat menyenanngkan. Hanya saja saat menikung cepat atau ekstrem, goyangan body kanan atau kiri masih terasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com