Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bilang Mobil Konvensional Bakal Ditinggalkan di RI

Kompas.com - 21/06/2023, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa indonesia akan meninggalkan era kendaraan bermotor konvensional dengan mesin pembakaran dalam atau Internal Combustione Engine (ICE).

Industri tersebut ke depan bakal dirubah menjadi kendaraan bermotor listrik. Apalagi, sejumlah sumber daya yang dibutuhkan, seperti tembaga ada di Tanah Air.

"Sekarang ini merek-merek mobil terkenal, pabrik-pabrik mobil terkenal, atau perusahaan-perusahaan mobil listrik semuanya berbondong-bondong melirik Indonesia dan berinvestasi di Indonesia," kata Jokowi dalam tanyangan video yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/6/2023).

Baca juga: Cegah Kebakaran di SPBU, Pengendara Motor Dilarang Melakukan Hal Ini

Ilustrasi kendaraan listrik.(Dok. Shutterstock/ BigPixel Photo) Ilustrasi kendaraan listrik.

Seiring dengan hal tersebut, kebutuhan untuk tembaga pada satu kendaraan roda empat listrik sebanyak 59 kilogram. Dengan begitu, kebutuhan tembaga ke depan akan semakin besar.

"Kalau ke depan mobil-mobil yang ada sekarang ini sudah berubah jadi mobil listrik, Bapak Ibu bisa bayangkan berapa kebutuhan tembaga untuk mebuat mobil listrik," kata Jokowi.

"Karena mobil-mobil yang konvensional, yang ada sekarang akan ditinggal dan semua menuju ke mobil listrik. Semuanya," lanjut dia.

Lebih jauh, ia mengatakan, tembaga itu tidak hanya dibutuhkan Indonesia, tapi juga di dunia. Di sisi lain, material itu tersimpan di Indonesia.

Baca juga: Jangan Asal Memilih Tempat Kursus Mengemudi

Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

Oleh karena itu, Jokowi menekankan pentingnya mengintegrasikan hasil-hasil tambang yang dimiliki Indonesia, antara lain, tembaga, nikel, timah, dan bauksit.

Ia mengatakan, hasil tambang itu hendaknya tidak diekspor secara mentah, melainkan diproduksi dahulu di dalam negeri untuk menjadi barang jadi.

"Semuanya diolah dalam negeri, nilai tambah besar ada di dalam negeri, kesempatan kerja ada di dalam negeri, inilah yang akan menghantarkan negara kita Indonesia dari negara berkembang bisa menuju ke negara maju," ujar Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com