Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekian Biaya Ganti Oli Bus AKAP, Setara Cicilan Motor

Kompas.com - 19/06/2023, 14:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Oli merupakan salah satu elemen penting pada setiap kendaraan, begitu juga pada bus. Bus juga membutuhkan oli untuk pelumasan beberapa komponen agar performa selalu optimal.

Dengan ukuran yang besar dan bobot yang berat, oli yang dibutuhkan untuk setiap bus tidaklah sedikit.

Maka dari itu, bujet atau harga yang dibutuhkan untuk penggantian oli setiap bus tidak murah. Bahkan, ada kabar yang mengatakan bila bujet setiap penggantian oli bus bisa setara cicilan sepeda motor.

Andi, salah satu sopir bus PO Dieng Indah, mengatakan, setiap merek sasis bus punya kebutuhan oli yang berbeda beda.

Baca juga: Selisih Rp 10 Juta, Apa Bedanya XL7 Hybrid Beta dan Alpha?

“Setiap bus itu punya kapasitas oli yang beda karena beda merek sasis. Misalnya yang saya pakai ini sasis bus Mercedes-Benz yang butuh 30 liter oli setiap kali ganti. Satu liternya itu sekarang Rp 40.000. Jadi tinggal di kali saja, nah totalnya itu bisa untuk cicilan bulanan motor matik,” kata Andi kepada Kompas.com, Senin (19/6/2023).

Jika dijumlahkan, artinya setiap penggantian oli bus dengan merek Mercedes-Benz bisa merogoh kocek Rp 1.200.000. Adapun harga cicilan bulanan motor matik yang bisa didapatkan dengan nominal tersebut ada Honda Vario 160 atau Honda Beat. Bahkan, untuk kelas skutik gambot bisa juga untuk mencicil Yamaha Nmax 155.

Bus AKAP di terminal Ciawi, BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP di terminal Ciawi, Bogor

Baca juga: Cegah Kecelakaan, Korlantas Siapkan Pelatihan buat Sopir Truk dan Bus

“Untuk sasis merek lain mungkin ada juga yang lebih banyak kebutuhan olinya sehingga biaya yang dibutuhkan tiap ganti oli akan lebih mahal. Tapi ada juga mungkin merek sasis yang lebih sedikit penggunaan olinya, tapi tidak akan jauh perbedaan harganya,” kata Andi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com