Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Kerja Voltage Stabilizer yang Diklaim Bikin Mobil Irit BBM

Kompas.com - 10/06/2023, 16:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Voltage stabilizer atau penstabil listrik merupakan satu komponen aftermarket yang berfungsi menjaga tegangan kelistrikan pada kendaraan. Efeknya, usia penggunaan aki jadi lebih panjang dan konsumsi BBM menurun.

Hurricane Indonesia lewat lini Xtreme Charging System (XCS), mengklaim produknya mampu memperpanjang usia aki hingga dua kali lipat dan meningkatkan efisiensi BBM sebanyak 30 persen.

Hal itu disamapikan Jimmy Bachtiar, Pemilik merek Hurricane Indonesia. Menurutnya, aksesori voltage stabilizer sangat bermanfaat untuk mobil-mobil lansiran terbaru.

“Karena mobil-mobil terbaru saat ini, penggunaan komponen kelistrikannya sangat berat sekali. Mulai dari komponen luar sampai dalam, hampir semuanya berjenis elektronik. Beda dengan mobil-mobil lama yang masih mekanik,” ucapnya kepada Kompas.com di Serpong, Sabtu (10/6/2023).

Baca juga: United E-Motor Siap Tampilkan Produk Unggulan di Jakarta Fair 2023

Voltage stabilizer dari HurricaneKOMPAS.com/daafa Voltage stabilizer dari Hurricane

Dia menjelaskan, XCS merupakan akesori plug and play yang disambungkan langsung ke aki kendaraan. Nantinya, komponen ini akan bantu menyelaraskan sebaran arus listrik dan mencegah overcharge atau overdischarge.

Arus listrik yang stabil memiliki banyak manfaat, mulai dari memperpanjang usia aki, meningkatkan kualitas pendinginan air conditioner (AC), dan menghilangkan jeda akselerasi yang berdampak pada konsumsi BBM.

“Berdasarkan perhitungan kami, efisiensi BBM konsumen yang menggunakan Hurricane XCS meningkat sebanyak 30 persen. Memang angka itu tentatif dan tergantung jenis mobil, tapi pastinya ada peningkatan efisiensi,” kata dia.

Hurricane sendiri menawarkan produk voltage stabilizer untuk mobil dan motor dengan rentang harga yang bervariasi, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 15 Juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com