Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Head Unit Mobil, Harga Mulai Rp 1,5 Juta

Kompas.com - 31/05/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Head unit merupakan salah satu fitur hiburan yang disematkan pada mobil dan berguna untuk menemani perjalanan. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan pengemudi pada saat menghadapi kemacetan di kota besar.

Meski begitu, masih ada beberapa kendaraan yang belum memiliki head unit atau masih menganut sistem single DIN. Terutama untuk kendaraan yang berada di segmen mobil murah seperti low cost green car (LCGC).

Namun, pemilik mobil kini tak perlu khawatir. Sebab, saat ini sudah banyak bengkel aksesori mobil yang menawarkan upgrade head unit dengan harga terjangkau.

Baca juga: Harga VW Karmann Ghia Bekas Tembus Rp 1,35 Miliar

Salah satunya seperti yang ditawarkan oleh Kiki Rotary Motor yang berlokasi di pusat aksesori dan spare part Blok M, Jakarta Selatan. Kiki Rotary Motor menyediakan berbagai pilihan head unit, dengan harga mulai Rp 1,5 juta.

Head unit Kiki Rotary MotorKompas.com/Nanda Head unit Kiki Rotary Motor

“Kita menawarkan berbagai head unit untuk konsumen, tergantung kebutuhannya yang seperti apa. Kalau soal harga, untuk yang paling murah di Rp 1,5 juta,” ucap Tara, salah satu sales divisi Kiki Rotary Motor, saat ditemui Kompas.com, di Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (31/5/2023).

Tara melanjutkan, untuk head unit dengan rentang harga Rp 1,5 juta memang memiliki kualitas yang standar, seperti RAM kecil, hanya 1GB sampai 2GB.

“Kalau yang Rp 1,5 juta tampilan layarnya masih klise dan berbayang, belum 2K, 4K. RAM nya juga terbatas. Biasanya kita pakai merek Edison,” kata Tara.

Head unit tersebut bisa digunakan untuk mobil entry level seperti Brio Satya tipe terendah yang masih menggunakan sistem single DIN.

Head unit Kiki Rotary MotorKompas.com/Nanda Head unit Kiki Rotary Motor

Namun, Tara menambahkan, jika menginginkan head unit fitur yang lebih lengkap, pemilik kendaraan juga bisa merakit sesuai keinginan. Hanya saja harga yang ditawarkan lebih mahal.

“Kebanyakan customer kita justru request mau RAM berapa, layarnya seperti apa, sesuai kebutuhan, jadi kita (bisa) made by order. Harganya pun dari jutaan bisa ada yang sampai puluhan juta,” ucap Tara.

Seperti contoh head unit Edison berukuran 10.25 inci dengan RAM 8GB dan ROM 64GB dijual Rp 10 jutaan.

Adapun proses pemasangan hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam, dengan sistem plug and play.

Baca juga: Interior C-HR Generasi Baru Bocor ke Publik, Lebih Luas dan Sederhana

Selain di Kiki Rotary Motor, pemilik mobil juga punya alternatif lain untuk membeli head unit, namun harga sedikit lebih mahal. Merek yang menjadi acuan seperti Pioneer dengan harga Rp 4 juta yang sudah support bluetooth, rear cam, web link via kabel USB.

Kemudian ada juga merek Kenwood DMX7022S, dengan harga Rp 5,7 juta, sudah dilengkapi dengan bluetooth, rear cam, Apple CarPlay dan Android Auto via kabel USB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com