Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Kompresor AC Mobil Tetap Prima

Kompas.com - 31/05/2023, 10:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – AC mobil merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang kenyamanan berkendara. Bila AC mobil alami masalah atau rusak akan membuat kabin tidak lagi sejuk dan nyaman.

Maka dari itu, beberapa bengkel menawarkan layanan perbaikan AC mobil agar kondisinya kembali prima saat alami masalah.

Namun, ternyata ada satu kondisi di mana AC mobil sulit diperbaiki, yakni saat komponen kompresor rusak.

Agus pemilik AGS AC Mobil di Palmerah, Jakarta Barat, mengatakan, kompresor AC berperan seperti jantung manusia. Maka kompresor AC merupakan komponen utama dalam sistem kerja AC mobil.

Baca juga: Interior C-HR Generasi Baru Bocor ke Publik, Lebih Luas dan Sederhana

“ Sebenarnya AC mobil Eropa, Jepang atau Korea yang alami masalah akan bisa diperbaiki oleh ahli yang di bidangnya. Kalau saya ini hanya melayani perbaikan AC mobil Jepang. Namun, bila kompresor AC mobil Eropa, Jepang, atau Korea alami masalah sulit diperbaiki bahkan tidak bisa diperbaiki lagi,” kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Kompresor AC mobilKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Kompresor AC mobil

Pria yang sudah membuka kiosnya di sentra otomotif lantai 3 Pasar Palmerah, sejak 1990-an itu mengatakan, saat kompresor AC rusak maka harus diganti dengan komponen yang baru.

Kompresor sendiri berperan memompa aliran gas di freon agar bersirkulasi ke semua komponen AC mobil. Bila kompresor alami masalah maka AC mobil tidak akan dingin.

Ciri-ciri kompresor rusak adalah tidak bisa lagi menghasilkan udara dingin. Kemudian terdengar suara kasar seperti ngorok saat AC dinyalakan.

Baca juga: Sentra Otomotif Pasar Palmerah Kembali Menggeliat Usai Pandemi

Salah satu cara paling mudah merawat kondisi kompresor adalah dengan rutin ganti oli.

“Mayoritas yang datang ke sini dengan keadaan kompresor AC mobil rusak lantaran tidak pernah mengganti oli kompresor. Untuk penggantian kompresor sendiri harganya berbeda untuk tiap merek dan jenis mobil, namun untuk kisaran mulai dari Rp 900.000 yang mana belum termasuk biaya pemasangan,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com