Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelebihan dan kekurangan Bikin Mobil Jadi Ceper

Kompas.com - 30/05/2023, 19:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi konsumen yang hendak melakukan modifikasi lowered suspension alias membuat mobil ceper, ada beberapa poin seputar kelebihan dan kekurangan yang harus dipahami terlebih dahulu.

Satu hal yang harus diingat, bagi sebagian orang, mobil yang diceperkan memang terlihat lebih keren, tapi hal ini juga berarti mengubah setingan awal yang disarankan oleh pabrikan.

Sudah sewajarnya, akan dijumpai beberapa perbedaan dari segi kenyamanan dan kualitas berkendara saat mobil digunakan.

Wawan Gunawan, salah satu pemilik bengkel spesialis shockbreaker dan per mobil Laksana Per menjelaskan, mobil ceper memang dirasa jauh lebih nyaman oleh mayoritas pengguna.

Baca juga: Waspada Oli Mesin Bisa Jadi Lumpur

Per mobil aftermarket (kiri) dan orisinil (kanan)Kompas.com/Daafa Alhaqqy Per mobil aftermarket (kiri) dan orisinil (kanan)

Bicara dari segi keunggulan, ground clearance rendah bisa membuat mobil seolah terasa lebih lincah, gesit, dan halus saat dikendarai.

“Memang tergantung masing-masing pengguna. Banyak yang suka (mobil ceper), tapi ada beberapa juga yang kurang suka,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Sedangkan dari segi kelemahan, mobil ceper tentu jauh lebih rawan dan beresiko rusak saat digunakan melewati jalanan yang tidak rata.

Subandrio, pengemudi ojek online yang merupakan langganan Laksana Per, membagikan suka dukanya saat menggunakan mobil ceper.

Baca juga: Hindari Penipuan Saat Jual Beli Mobil, Ini Tips untuk Pembeli

Bengkel spesialis per dan shockbreaker mobil, Laksana Per. Ada paket lowering kit murah yang bikin mobil ceper di siniKompas.com/Daafa Alhaqqy Bengkel spesialis per dan shockbreaker mobil, Laksana Per. Ada paket lowering kit murah yang bikin mobil ceper di sini

Secara kenyamanan berkendara, dia mengakui mobil Daihatsu Xeniaa miliknya yang diceperkan jauh lebih nyaman dikendarai di jalanan yang mulus. Tapi saat kontur jalan berubah menjadi tidak rata, hal itu langsung berbalik 180 derajat.

Geronjalannya terasa sekali dan jujur saja, saya sudah 5 kali servis panel bodi samping karena penyok gara-gara lubang,” ujarnya.

Bagi kosumen yang hendak menceperkan mobil, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengaan teknisi dan melaakukan riset mendalam terkait plus dan minus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com