Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Perbedaan Honda WR-V Tipe E dan RS

Kompas.com - 11/05/2023, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda menawarkan WR-V dalam tiga tipe, yakni E, RS, dan RS with Honda Sensing. Masing-masing memiliki perbedaan yang cukup signifikan, khususnya antara tipe E dengan tipe RS.

Sebelumnya, redaksi sudah mengetes WR-V tipe RS with Honda Sensing. Belum lama ini, giliran tipe terendahnya yang diuji, yakni WR-V tipe E. Kali ini, akan dibahas beberapa perbedaan yang terdapat pada kedua tipe tersebut.

Baca juga: Terkendala Pasokan Cip Semikonduktor, WR-V Masih Inden 2 Bulan

Honda WR-V tipe EKompas.com/Donny Honda WR-V tipe E

Eksterior
Dari bentuk desain eksteriornya, tentu tidak ada perbedaan. Tapi, detailnya cukup banyak yang berbeda. Mulai dari lampu utama, tipe E masih mengandalkan bohlam biasa. Sedangkan tipe RS sudah menggunakan LED. Begitu pula pada lampu kabutnya.

Kemudian, perbedaan lain di bagian depan ada pada gril. Tipe E memiliki gril berwarna hitam. Sedangkan pada tipe RS, grille juga diberi aksen krom. Selain itu, tentunya juga terdapat emblem RS.

Baca juga: Honda Mulai Ekspor WR-V ke Thailand, Kejar Target 30.000 unit

Lalu, beralih ke bagian samping, perbedaan pada bodi juga tidak ada. Bagian yang berbeda hanyalah motif pelek serta diameter yang digunakan.

Tipe E menggunakan pelek alloy berwarna silver dengan lingkar 16 inci. Sementara pada tipe RS, sudah menggunakan model two tone, hitam dan krom, berdiameter 17 inci.

Perbedaan berikutnya ada di bagian atap. WR-V tipe E dan RS sama-sama tidak dilengkapi dengan sunroof. Tapi, pada tipe RS dapat ditemukan roof rail. Berbeda dengan tipe E yang benar-benar polos di bagian atapnya.

Honda WR-V tipe EKompas.com/Donny Honda WR-V tipe E

Interior
Masuk ke bagian kabin, terdapat beberapa bagian yang membedakan tipe E dengan tipe RS. Untuk tipe E, masih menggunakan jok berbalut material kain. Sedangkan tipe RS, sudah menggunakan kulit.

Untuk bagian dasbor, ubahannya tidak terlalu signifikan. Hanya saja, pada tipe RS, terdapat beberapa bagian soft touch yang dilapisi dengan material kulit. Termasuk juga dengan setir dan tuas persneling.

Bagian plafon juga menggunakan warna yang berbeda. Tipe E menggunakan warna abu-abu, sementara tipe RS berwarna hitam. Selebihnya, tidak ada perbedaan yang mencolok.

Honda WR-V tipe EKompas.com/Donny Honda WR-V tipe E

Fitur
Dalam segi fitur, tentu perbedaannya lebih banyak lagi. Untuk tipe E, fitur yang dimiliki hanya kamera parkir dengan multi angle, Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, Brake Assist, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, empat unit speaker, empat unit airbag, dan keyless entry.

Tipe RS sudah memiliki semua yang ada pada tipe E dan diberikan tambahan fitur Rear Seat Reminder, Walk Away Auto Lock, enam unit speaker, Auto AC, hingga spion dengan Auto Foldable.

Honda WR-V tipe EKompas.com/Donny Honda WR-V tipe E

Tipe RS with Honda Sensing lebih banyak lagi fiturnya. Selain fitur keselamatan aktif yang tergabung dalam Honda Sensing, terdapat pula Honda LaneWatch, enam unit airbag, USB Power Outlet, dan Auto Headlight.

Harga
Dengan perbedaan tersebut, maka harga yang dibanderol juga berbeda. Per Mei 2023, Honda WR-V tipe E dipasarkan dengan harga Rp 279,4 juta (OTR Jakarta), tipe RS harganya Rp 297,4 juta (OTR Jakarta), dan tipe RS with Honda Sensing dibanderol Rp 317,4 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com