Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi Kecelakaan Maut Akibat Hilang Konsentrasi

Kompas.com - 06/05/2023, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudi kendaraan bermotor di jalan raya tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika tidak, pengendara bisa kehilangan kendali bahkan mengalami kecelakaan.

Seperti baru-baru ini kecelakaan maut yang terjadi melibatkan Mitsubishi Colt L300 dengan truk tronton di Jalan Tol Solo-Ngawi Km 537.200 jalur B di Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah (Jateng).

Kejadian bermula saat truk Isuzu Tronton bernomor polisi G 8278 OC dan kendaraan Mitsubishi Colt L300 berpelat H 1988 WN, berjalan dari timur ke barat di lajur satu.

Baca juga: Brio RS Bersolek, Ini Daftar Harga Terbaru City Car per Mei 2023

Truk Isuzu tronton yang berada di posisi depan tiba-tiba ditabrak kendaraan Mitsubishi Colt L300.

“Diduga pengemudi kendaraan Mitsubishi Colt L300, berjalan kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan situasi di depannya. Sehingga pada saat jarak dekat dan tidak dapat menghindar, membentur bagian belakang truk,” ucap Ipda Irwan Mardiyanto, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (6/5/2023).

Akibat kecelakaan ini dua orang tewas yakni pengemudi dan penumpang Mitsubishi Colt L300.

Ilustrasi mengemudi sambil mendengarkan musikKompas.com Ilustrasi mengemudi sambil mendengarkan musik

Hilangnya konsentrasi saat berkendara memang bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakan. Untuk itu pengemudi dituntut untuk selalu tetap fokus dan memperhatikan beberapa hal.

“Pertama, pengemudi harus jaga jarak aman 4-6 detik kedepan. Dan apabila jarak pandang hanya 100 meter maka harus menyalakan lampu jauh,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Baca juga: Kenali Fungsi Dinamo Ampere pada Mobil

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah jaga dan segera kurangi kecepatan apabila ada objek seperti truk yang berjalan lambat.

“Jangan pernah tes kecepatan di jalan tol, terlihat sepi atau kosong tapi bahayanya besar. Serta jaga emosi untuk tidak mengira-ngira dengan menyusul kendaraan dari sisi kiri dan pastikan fokus pengendara minimal 95 persen. Sehingga antisipasi atau keputusan yang diambil tidak gagal,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com