Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedrosa Balapan di MotoGP Spanyol 2023 demi Kembangkan KTM RC16

Kompas.com - 28/04/2023, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dani Pedrosa akan menjadi wildcard pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez. Tujuannya tak lain untuk mengembangkan motor balap KTM RC16.

Tercatat ini adalah kedua kalinya Pedrosa menjadi wildcard untuk KTM. Momen pertamanya pada MotoGP Austria 2022 di Sirkuit Red Bull Ring. Saat ini, Pedrosa finis di posisi kesepuluh.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dani Pedrosa (@26_danipedrosa)

 

"Saya tidak sabar untuk balapan kali ini, sudah cukup lama sejak saya balapan di Austria," ujar Pedrosa, dikutip dari Speedweek.com, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Beda Pendekatan Pedrosa dan Marquez, Terlihat Siapa yang Arogan

Pedrosa mengatakan, untuk balapan kali ini banyak yang harus dipersiapkan, mulai merencanakan ban, pendekatan tiap sesi, dan koordinasi dengan semua mekanik.

Dani Pedrosa finis di urutan ke-10 pada MotoGP Styria 2021 saat menjadi wildcardDok. @26_danipedrosa Dani Pedrosa finis di urutan ke-10 pada MotoGP Styria 2021 saat menjadi wildcard

"Ini juga pengalaman baru bagi mereka. Beberapa sudah menyelesaikan balapan bersama saya di Austria, lainnya tidak, karena kami melakukan rotasi," kata Pedrosa.

Pedrosa menambahkan, dia akan mengetes beberapa ban sepanjang akhir pekan ini. Selain itu, Pedrosa juga mengaku penasaran dengan format terbaru, yakni sprint race.

"Sebab, saya lihat perbedaan utama antara tim balap dan tim pengetesan adalah Anda biasanya menggunakan ban baru ketika balapan, dan ketika tes menggunakan ban bekas. Sehingga, pengembangannya bisa ke arah yang berbeda," ujarnya.

Baca juga: Hanya Dani Pedrosa yang Masih Aktif di MotoGP

"Tidak hanya untuk balapan, tapi dari sesi latihan pertama dan kedua, pebalap reguler mengincar rekor lap tercepat. Kami tidak bisa melakukannya saat pengetesan. Selain itu, kondisi trek juga berbeda," kata Pedrosa.

Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)JOE KLAMAR Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Styria 2021. (Photo by JOE KLAMAR / AFP)

Menurut Pedrosa, dengan menjadi wildcard, bisa lebih memahami masukan yang diberikan oleh para pebalap reguler. Selain itu, aspek lainnya yang tak kalah penting adalah soal aerodinamika.

"Ketika Anda berkendara sendiri, Anda merasakan banyak hal. Tapi, mungkin ada yang tidak Anda rasakan ketika slipstream," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com