Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Putra Rafflesia Luncurkan Bus Baru Rakitan Tentrem

Kompas.com - 28/04/2023, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Putra Rafflesia meluncurkan satu unit bus baru buatan Karoseri Tentrem.

PO yang berasal dari Bengkulu tersebut menggunakan bodi bus Avante H8 Facelift. Kemudian untuk dapur pacu ditopang oleh sasis bus dari Mercedes Benz OH 1526 Leaf Spring Suspension.

Secara eksterior, bus tetap menggunakan DNA dari PO Putra Rafflesia yakni memakai kelir dasar putih. Lalu, dari area kaca spion tepatnya pada bagian fasia atau wajah bus dilabur oleh kelir ungu hingga atap bus.

Baca juga: Tesla Cybertruck Mulai Tes Jalan di AS

Grafis melengkung ungu tersebut juga melintang di bagian bawah bodi samping bus hingga bodi belakang.

Pada bodi samping bus juga dipercantik dengan corak unik, yakni ornamen bunga Raflesia berwarna pink yang menjadi logo khas Bengkulu.

Untuk wajah bus sendiri menggunakan model double glass dengan kaca spion tanduk di bagian kanan dan kiri. Nantinya, bus tersebut akan memperkuat lini bisnis PO Putra Rafflesia dalam melayani perjalanan pariwisata.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Tentrem Sejahtera (@tentrembusofficial)

Baca juga: Saat Arus Balik Lebaran, Pengemudi Jangan Gelar Kasur Angin di Mobil


Pindah ke bagian interior, kabin bus tampil dengan nuansa gelap lewat penggunaan lapisan PVC lantai, dashboard dan juga bagian langit-langit bus yang berwarna hitam.

Agar penumpang lebih nyaman, kabin bus juga dilengkapi dengan AC, Wifi, bagasi kabin dengan penutup, serta jok kursi penumpang yang dirancang secara ergonomis.

Susunan bangku penumpang berada di level atau dek yang lebih tinggi dari area pengemudi atau kru bus. Adapun konfigurasi kursi penumpang berwarna merah tersebut terdiri dari kanan dua dan kiri dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com