Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Komponen Mobil yang Wajib Dicek Usai Mudik

Kompas.com - 28/04/2023, 10:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Puncak arus balik mudik Lebaran diperkirakan terjadi pada 24 dan 25 April 2023. Selanjutnya pada 30 April 2023 hingga 1 Mei 2023.

Bagi masyarakat yang sudah pulang mudik atau libur Lebaran 2023, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada mobil. Sebab, setelah digunakan untuk perjalanan jauh, tak jarang ada beberapa komponen yang aus dan harus secepatnya diganti, salah satunya kopling.

Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong Deni Adrian mengatakan, kopling biasanya bermasalah akibat cara penggunaan yang tidak tepat.

Baca juga: Menhub Cek Kondisi Arus Balik Lebaran 2023

“Seperti kalau kena macet panjang, pengemudinya tidak terbiasa main rem parkir (handbrake), koplingnya dibiarkan setengah main. Jadi cepat rusak,” ujar Deni kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Masalah lain yang kerap ditemui usai mudik menurut Deni adalah goresan atau lecet pada bodi mobil.

“Mungkin ada yang habis menyerempet. Perbaikan bodi mobil yang baret ini biasanya habis liburan ada kenaikan permintaan,” kata dia.

Ilustrasi oli bocor.DOK. SHUTTERSTOCK Ilustrasi oli bocor.

Selain kopling dan bodi, faktor lain yang juga tak kalah penting adalah oli. Pastikan pemilik mobil memeriksa komponen cairan penting ini.

Kendaraan yang digunakan pada jarak jauh dan waktu yang lebih lama dari biasanya, maka tingginya suhu mesin dapat membuat kekentalan oli dan volumenya berkurang.

“Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak,” ucap Deni.

Baca juga: Kecepatan Rata-rata Arus Mudik Tahun Ini Diklaim Meningkat

Terakhir, adalah kondisi kaki-kaki. Pemilik kendaraan sebaiknya memeriksa kondisi shockbreaker, kampas rem, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban serta tekanan angin.

Pasalnya, kondisi serta medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com