Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tujuan Wisata, Simak Rekayasa Lalu Lintas di Kota Tua Jakarta

Kompas.com - 25/04/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasan Kota Tua yang terletak di Kelurahan Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat jadi salah satu tujuan wisata masyakarat Ibu Kota seusai Lebaran.

Tempat ini sering dipadati ratusan pengunjung untuk menikmati suasana pelataran Museum Fatahillah.

Mereka ada yang berswafoto, main sepeda sewaan, naik delman atau sekadar duduk santai sambil ngobrol pada sudut ruang teduh di kawasan tersebut.

Baca juga: Video Mobil Nyaris Adu Banteng gara-gara Menyalip di Tikungan

Jalan Pintu Besar Utara, tepatnya di belokan antara Museum Bank Indonesia dengan sekitar kawasan Kota Tua Jakarta, kini telah dilapisi lapisan anti licin atau anti skid, Jumat (16/9/2022)Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Jalan Pintu Besar Utara, tepatnya di belokan antara Museum Bank Indonesia dengan sekitar kawasan Kota Tua Jakarta, kini telah dilapisi lapisan anti licin atau anti skid, Jumat (16/9/2022)

Keramaian kawasan Kota Tua turut berimbas pada lalu lintas kendaraan di sekitarnya. Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pun telah mengantisipasi kepadatan lalu lintas (lalin) di lokasi-lokasi wisata pada saat libur Lebaran.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pengaturan jalan ini perlu dilakukan untuk menjaga arus lalin di sekitar lokasi wisata tetap lancar, aman, dan nyaman.

“Lokasi yang kami antisipasi adalah di sekitar tempat wisata yang biasanya jadi tujuan warga berkunjung saat libur Lebaran,” ucap Syafrin, belum lama ini.

“Oleh karena itu, kami telah menyiapkan petugas untuk berjaga dan membantu pengaturan lalu lintas agar tetap berjalan dengan baik,” kata dia.

Baca juga: Jokowi Imbau Pemudik Kembali ke Jakarta Setelah 26 April 2023

Berikut ini rekayasa lalu lintas di kawasan Kota Tua:

a. Lalu lintas dari Pluit yang menuju Harmoni diarahkan melalui Jalan Jembatan Tiga Raya-Jalan Jembatan Dua Raya-Jalan Pangeran Tubagus Angke-Pasar Pagi Flyover-Jalan Jembatan Batu;

b. Lalu lintas dari Pluit yang menuju Tanjung Priok diarahkan melalui Jalan Gedong Panjang-Jalan Pakin-Jalan Krapu-Jalan Lodan Raya-TL Ancol Bintang Mas;

c. Lalu lintas dari timur/utara yang menuju ke Asemka/Harmoni diarahkan menerus ke barat Jalan Kunir jadi dua arah melalui Jalan Kopi-Jalan Pejagalan Raya-Jalan Pasar Pagi Lama-Jalan Perniagaan Raya-Jalan Toko Tiga-Jalan Pintu Kecil-Jalan Asemka-Jalan Jembata Batu;

d. Lalu lintas dari utara Jalan Kali Besar Barat diarahkan melalui Jalan Teh (satu arah ke utara)-Jalan Cengkeh-belok kiri Jalan Kunir sisi utara-Jalan Kampung Bandan-Jalan R. E. Martadinita-Jalan Lodan Raya-TL Ancol Bintang Mas-Jalan Gunung Sahari-Jalan Mangga Dua Raya; dan

e. Lalu lintas dari arah selatan melewati Jalan Pancoran-Jalan Pintu Kecil-Jalan Malaka-Jalan Malaka 2-Jalan Kopi-Jalan Bandengan Selatan-Jalan Bandengan Utara-Jalan Gedong Panjang; dan kawasan low emission zone masih dapat dilintasi bus Transjakarta dan pegawai Kawasan Kota Tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com