Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditambah, Diskon Tarif Tol Arus Balik Berlaku Menerus Semarang-Jakarta

Kompas.com - 24/04/2023, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas pada arus balik Lebaran, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, akan menambah diskon tarif tol 20 persen di Tol Trans-Jawa.

Penerapan diskon tarif tol terjauh pada arus balik yang semula hanya berlaku di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saja, akan diperpanjang dari Semarang sampai Jakarta.

Tepatnya, diskon tarif tol 20 persen saat arus balik ini akan mulai diterapkan dari Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai GT Cikampek Utama.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, diskon tarif tol 20 persen untuk Jalan Tol Trans-Jawa hanya berlaku untuk perjalanan menerus.

Baca juga: Antisipasi Arus Balik, Kapolri Siap Terapkan One Way sampai Halim

 

Bagi pengguna jalan yang melakukan perjalanan menerus (melakukan tap in) dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

Diskon tarif tol 20 persen diperpanjang dari Semarang-Cikampek UtamaJASA MARGA Diskon tarif tol 20 persen diperpanjang dari Semarang-Cikampek Utama

"Pemberlakuan diskon untuk periode arus balik akan mulai diberlakukan pada Kamis, 27 April 2023 pukul 06.00 WIB hingga Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB. Potongan diskon akan dilakukan di GT Cikampek Utama saja dan hanya untuk tarif perjalanan menerus dari Semarang menuju arah Jakarta," ujar Lisye dalam keterangan resminya, Senin (24/4/2023).

Lebih lanjut Lisye menjelaskan, perjalanan tersebut akan menempuh sejumlah ruas jalan tol yang tidak hanya dikelola Jasa Marga, namun Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya.

 

Dari Jalan Tol Batang-Semarang, Jalan Tol Pemalang-Batang, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Cikopo-Palimanan, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: Hindari Puncak Arus Balik, Ada Diskon Tarif Tol Mulai 27-29 April 2023

Untuk besaran diskon tarif tol 20 persen yang berlaku hanya untuk perjalanan menerus dari Semarang ke Jakarta sebagai berikut :

Kendaraan Golongan I : Semula R 372.000 jadi Rp 297.600, diskon Rp 74.400
Kendaraan Golongan II dan III: Semula Rp 575.000 jadi Rp 499.200, diskon Rp 75.800
Kendaraan Golongan IV dan V: Semula Rp 758.000 jadi Rp 655.600, diskon Rp 102.400.

Adapun khusus untuk di Jalan Tol Cikopo-Palimanan, diskon 20 persen hanya berlaku untuk kendaraan Golongan 1, sementara di ruas jalan tol lainnya berlaku untuk semua golongan kendaraan.

"Diskon ini berlaku untuk pengguna jalan yang menggunakan uang elektronik. Khusus untuk perjalanan di Jalan Tol Trans-Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out, sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya," ujar Lisye.

Pemberlakuan diskon tarif tol 20 persen merupakan bentuk pelayanan dan apresiasi bagi pengguna jalan tol yang juga bertujuan untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas. Hal ini untuk menghindari penumpukan kendaraan pada satu tanggal tertentu, terutama yang telah diprediksi menjadi puncak arus balik.

Baca juga: Begini Kondisi Isuzu Panther yang Viral Senggol Pajero Sport Arogan

Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).Dok. Jasa Marga Kondisi lalu lintas arus mudik Lebaran 2023 pada malam hari di Gerbang Tol Cikampek Utama, Selasa (18/4/2023).

Jasa Marga mengimbau masyarakat menghindari perjalanan di waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik pada Senin-Selasa, 24-25 April 2023, dan Minggu-Senin, 30 April-1 Mei 2023 untuk menghindari penumpukan kendaraan.

Disarankan pemudik menggeser perjalanan ke hari Rabu,Kamis,Jumat (26-28 April 2023). Selain lebih nyaman, masyarakat juga dapat memanfaatkan diskon tarif tol sebesar 20 persen dari Semarang ke Jakarta. Hindari juga perjalanan di waktu favorit, seperti pagi dan malam hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com