Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik di Terminal Pulo Gebang Terpantau Masih Fluktuatif

Kompas.com - 20/04/2023, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com ­- Terminal Terpadu Pulo Gebang menjadi salah satu lokasi keberangkatan pemudik dengan moda bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Setiap musim mudik tiba, terminal yang berlokasi di Jakarta Timur tersebut selalu sibuk oleh aktivitas masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman, begitu juga di musim mudik Lebaran tahun ini.

Namun, lonjakan dari jumlah penumpang bus AKAP dari terminal tersebut tidak sesuai prediksi.

Sebelumnya, peningkatan jumlah pemudik yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulo Gebang diprediksi akan terjadi pada 15 dan 16 April 2023. Namun, setiap harinya jumlah penumpang alami fluktuatif atau naik turun.

Baca juga: Apakah Aman Mudik Pakai Pelek Aftermarket?

“Hari ini belum ada lonjakan calon pemudik, Tapi lumayan ramai. Namun, cenderung menurun dibanding 3 hari yang lalu,” kata Bonari, Komandan Regu (Danru) Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Jakarta Timur kepada Kompas.com, Rabu (19/4/2023)

Bonari mengatakan, selama musim mudik tahun ini, angka penumpang paling tertinggi adalah 8.064 orang pada Selasa 18 Maret 2023. Hal itu disebabkan adanya keberangkatan penumpang dari program mudik gratis yang berjumlah 103 unit bus.

Bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo GebangKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo Gebang

“Lonjakan tersebut tersebut lantaran adanya tambahan penumpang dari program mudik gratis dari Kemenhub. Khusus jalur Sumatra ada 4 bus ke Palembag dan 3 bus ke Lampung. Sisanya ke seluruh kota di pulau Jawa dan Bali,” kata Bonari.

Secara rinci, jumlah penumpang yang ada di Terminal Terpadu Pulo Gebang pada 14 April 2023 sebanyak 1.135 orang. Kemudian pada 15 April 2023 atau H-7 naik menjadi 2.437 penumpang.

Baca juga: Jangan Paksa Badan dengan Menyetir Lebih dari 4 Jam Saat Mudik

Pada H-6 atau 16 April 2023 kembali naik mencapai 3.251 penumpang. Namun pada 17 April alami penurunan menjadi sekitar 2.700 penumpang.

Sementara itu pada 18 Maret 2023 melonjak menjadi 8.064 orang. Setelah itu di hari berikutnya atau pada 19 Maret 2023 kembali turun menjadi 1.339 penumpang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com