Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simulasi Mudik Pakai Toyota Avanza, Bisa Seberapa Jauh dengan Satu Tangki Full?

Kompas.com - 11/04/2023, 19:46 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza merupakan salah satu lini produk Toyota yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Apalagi belum lama ini diluncurkan generasi baru Avanza yang sudah menggunakan penggerak roda depan.

Sempat diragukan, Avanza terbaru ini pun mulai diminati bahkan jadi produk yang berkontribusi ke penjualan Toyota. Oleh karena itu, mobil ini juga bisa diandalkan jadi kendaraan untuk mudik.

Pada tulisan kali ini redaksi akan membuat simulasi seberapa jauh Toyota Avanza bisa melaju dalam kondisi satu tangki penuh. Menurut data spesifikasi, mobil yang masuk kategori LMPV ini memiliki tangki BBM sebesar 43 liter.

Baca juga: Cek Diskon Avanza, Xenia, dan Xpander di Jawa Tengah Jelang Lebaran

Toyota All New Avanza Nasmoco Toyota All New Avanza

Kemudian, berdasarkan hasil pengetesan kami, untuk rute luar kota, Toyota Avanza menghasilkan konsumsi BBM 17,6 kilometer per liter. Artinya, satu liter BBM Avanza bisa melaju sejauh 17,6 Km.

Jadi kalau dihitung, dalam kondisi tangki penuh atau 43 liter dikali dengan 17,6 maka hasilnya 756,8. Jika diartikan, dalam kondisi tangki penuh, Avanza punya kemampuan untuk menempuh jarak sejauh 756,8 Km.

Tapi perlu diingat, konsumsi BBM akan sangat dipengaruhi dengan kondisi jalan, lancar atau macet. Kemudian ada juga bobot kendaraan, di mana saat mudik, tentu bangku diisi penuh ditambah barang bawaan.

Baca juga: Motor Listrik Honda Meluncur Semester II 2023, Langsung Dua Model


Pada saat pengetesan, kami menggunakan BBM dengan RON 92. Jalan yang digunakan mayoritas tanpa hambatan atau tol dengan kecepatan rata-rata di atas 30 Kpj.

Jadi jika dipakai mudik, bisa saja konsumsi BBM-nya lebih boros, kisaran 12 Km per liter sampai 15 Km per liter. Kalau dikalikan dengan kapasitas tangki Avanza, maka bisa melaju sejauh 516 Km sampai 645 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com