Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Honda Meluncur Semester II 2023, Langsung Dua Model

Kompas.com - 11/04/2023, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Honda dipastikan meluncur pada semester kedua tahun 2023. Nantinya, langsung ada dua model motor yang diperkenalkan dan langsung dijual.

Soal perkembangannya sampai saat ini, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya mengatakan, sampai saat ini proses studi masih berlangsung.

"Waktu di IIMS sudah ditunjukan unit studi kita. Masih on going untuk kita pelajari supaya bisa cocok dipasarkan di market Indonesia, kemungkinan di semester dua," kata Thomas kepada Kompas.com, Senin (10/4/2023).

Baca juga: Kenali Gejala Aki Tekor pada Honda PCX 150

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

Thomas menjelaskan, dua model motor listrik tersebut akan langsung dipasarkan. Tapi saat ini, produknya seperti apa, atau apakah serupa dengan yang dipamerkan masih belum bisa dipastikan.

"Kita lagi di tahap pelajari dengan kondisi infrastruktur, jalan, kondisi cuaca di Indonesia, nah seperti apa, perlu ada penyesuaian agar bisa sesuai dengan market, konsumen dan juga kondisi di Indonesia," ucap Thomas.

Mengenai motor listrik yang akan dijual, Thomas mengatakan keduanya akan diproduksi atau dirakit di Indonesia. Lalu seiring waktu, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) berusaha untuk ditingkatkan.

Baca juga: Toyota Siap Luncurkan Mobil Hybrid Baru Buatan Lokal

"Dengan adanya subsidi pasti membuat pasarnya menarik, potensinya meningkat harapannya. Kita juga berusaha untuk bertahap, memenuhi TKDN yang diharapkan pemerintah," kata Thomas.

Soal harga, Thomas masih belum bisa bicara banyak. Sempat terdengar kalau banderol motor listrik Honda nantinya di bawah Rp 25 juta, tapi hal tersebut belum bisa dipastikan Thomas.

"Belum, kita masih on going, kan ada penyesuaian-penyesuaian yang kita lakukan dan tahapan agar kandungan lokalnya bisa kita tingkatkan," kata Thomas.

Bentuknya akan seperti apa, mari kita tunggu kehadiran motor listrik dari AHM di Indonesia. Harapannya tentu bisa meramaikan pasar motor listrik yang saat ini didominasi merek China dan dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com