Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Marc Marquez Bakal Pindah ke KTM

Kompas.com - 10/04/2023, 18:26 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Red Bull dan KTM sedang gerilya membangun tim juara di MotoGP. Paling baru, Marc Marquez dirumorkan bakal segera merapat ke tim pabrikan asal Swedia.

Apalagi setelah pebalap papan atas seperti Jack Miller yang tahun ini berseragam KTM Factory Racing, bahkan turut membawa mekanik andalan Ducati ke timnya.

Kemudian, rekan satu tim Marquez di Honda pada musim balap MotoGP 2022 silam, Pol Espargaro, juga tercatat tahun ini mengisi slot tim GASGAS Factory Racing Tech3 dengan motor KTM.

Baca juga: Render Harley-Davidson Made in India, Desain Lebih Sederhana

Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack MillerDok. KTM Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack Miller

Kemungkinan Marquez merapat ke KTM cukup besar lantaran Red Bull merupakan sponsor tim Honda dan juga sponsor Baby Alien.

“Di Spanyol ada pembicaraan bahwa Marquez marah pada Honda,” ujar Oscar Haro, mantan direktur olahraga LCR Honda, dikutip dari Crash (10/4/2023).

Haro mengatakan bahwa pengaruh besar dari Red Bull sebagai sponsor memungkinkan mereka untuk memindahkan Marquez dari tim Honda ke KTM.

Baca juga: Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4, 5, dan 6 Mulai Beroperasi Lebaran 2023

Selain itu, Haro juga menyebutkan bahwa bukan tak mungkin pebalap muda Spanyol, Pedro Acosta, akan menggantikan posisi Marquez di tim Repsol Honda.

Haro juga mengatakan, kepindahan Marquez dipicu kecemburuan dengan Alex Rins yang notabene rekan satu pabrikan di Honda.

"Marc sangat cemburu kepada rekan satu timnya dan juga part yang digunakannya. Saya rasa dia tidak senang ketika tahu bahwa Alex Rins mencoba sasisnya," ucap Haro.

Baca juga: Catat, Diskon Tarif Tol Saat Mudik Hanya Berlaku di Tanggal Ini

Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA Momen ketika pebalap Repsol Honda Marc Marquez menabrak pebalap RNF MotoGP Miguel Oliveira dalam balapan utama MotoGP Portugal 2023 di Sirkuit Internasional Algarve, Minggu (26/3/2023) malam WIB.

"Sebenarnya, sasis baru yang dibikin oleh Kalex sudah siap sejak tahun lalu. Tetapi Marquez tidak mengetahui apa-apa. Dia sangat menyesal akan itu," kata dia.

Untuk diketahui, Marquez baru mengumpulkan 7 poin sejauh ini dan bertengger di urutan ke-16 klasemen sementara MotoGP 2023.

Poin tersebut ia miliki tersebut diraihnya lantaran finis di urutan ketiga Sprint Race MotoGP Portugal 2023.

Usai insiden kecelakaan di balap utama MotoGP Portugal 2023, Marquez belum kembali dan melewatkan dua perebutan poin, yakni di Sprint Race dan balap utama MotoGP Argentina 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com