Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LMPV Bekas buat Mudik Lebaran, Mobilio mulai Rp 140 Jutaan

Kompas.com - 10/04/2023, 03:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati akhir bulan Ramadhan, penjualan mobil bekas di berapa diler diklaim meningkat. Faktor utama karena konsumen membeli mobil untuk digunakan mudik lebaran.

Jenis mobil yang banyak diminati, yaitu Low Multi Purpose Vehicle alias LMPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio. Model ini dinlai cocok menjadi kendaraan mudik, khususnya untuk konsumen yang sudah berkeluarga.

Beberapa diler di sentra mobil bekas di Panongan, Kabupaten Tangerang, mengaku penjualan LMPV di awal bulan Ramadhan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Awal Ramadhan kemarin (pertengahan bulan Maret) penjualan naik dan jadi yang tertinggi sejauh ini di 2023, yang paling laris itu Avanza dan Mobilio. Hampir semua konsumen beli buat keperluan mudik,” kata Ade, penanggung jawab diler mobkas Thara Auto kepada Kompas.com, Minggu (9/4/2023).

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Bekas, Segera Periksa Kondisi Ban

Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran Mobil88 Penjualan mobil bekas MPV dan LMPV naik menjelang lebaran

Jika melihat data dari tahun-tahun sebelumnya, dia memprediksi penjualan mobil bekas akan kembali meningkat di hari-hari akhir bulan Ramadhan.

"Seringkali penjualan melonjak pas dekat malam takbiran, dalam seminggu bisa terjual 20-an unit," ujarnya.

Baday Faturobani, Penanggung jawab diler mobkas Hulim Mobilindo menjelaskan, mobil bekas yang dijual selama bulan puasa bisa langsung digunakan untuk mudik. Biasanya, diler akan membantu pengguna dalam hal persiapan.

“Banyak yang beli untuk keperluan mudik. Seminggu sebelum mobilnya diambil, mereka minta tolong kami (diler) buat bantu ganti oli, spooring, ganti ban, dan lain-lain. Kami biasanya bantu,” kata dia.

Baca juga: Jelang Lebaran, Diskon LCGC di Jawa Tengah Mulai Rp 10 Juta

Pengecekan kondisi mobil bekas sebelum dibeli konsumenKOMPAS.com/Daafa Pengecekan kondisi mobil bekas sebelum dibeli konsumen

Berdasarkan pantauan redaksi Kompas.com di bursa mobil bekas online dan offline di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang berikut adalah daftar mobil LMPV bekas buat mudik yang tersedia:

- Honda Mobilio 1.5 E 2015              : Rp 140 Juta

- Honda Mobilio 1.5 RS 2018            : Rp 188 Juta

- Honda Mobilio 1.5 E Prestige 2018 : Rp 171 Juta

- Toyota Avanza G 2016                   : Rp 160 Juta

- Toyota Avanza Veloz 2016             : Rp 165 Juta

- Toyota Avanza Veloz 2018             : Rp 165 Juta

- Suzuki All New Ertiga 2018            : Rp 190 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com